Home Berita Internasional Al Azhar Dukung Keputusan Saudi Terkait Ibadah Haji

Al Azhar Dukung Keputusan Saudi Terkait Ibadah Haji

232
0
SHARE
Grand Syaikh Al Azhar, Prof. Dr. Ahmad Al Thayyeb.

Wasathiyyah.com, Kairo – Grand Syaikh Al Azhar Al Syarif, Prof. Dr. Ahmad Thayyeb menyatakan pada Senin (22/06) bahwa keputusan pemerintah Arab Saudi yang membuka pelaksanaan ibadah haji tahun ini dengan jumlah jamaah terbatas sebagai keputusan yang bijaksana dan sangat dihargai dalam kacamata hukum.

Grand Syaikh Al Azhar menguatkan bahwa memprioritaskan keamanan dan keselamatan jiwa dalam pelaksanaan ibadah haji di tengah pandemi pada tahun ini merupakan kebijakan yang sesuai dengan tujuan syariat.

Kebijakan ini menunjukkan kesadaran pihak Kerajaan akan bahaya virus Covid 19 yang telah merenggut banyak korban jiwa  dan masih menjadi ancaman bagi keselamatan manusia hingga saat ini, ungkap Grand Syaikh.

Institusi Al Azhar mengeluarkan pernyataan bahwa Al Azhar mengapresiasi langkah yang diambil Raja Salman bin Abdul Aziz, pelayan dua masjid suci, dan putera mahkota Mohammad bin Salman, dalam mengambil jalan tengah berupa tetap membuka pelayanan ibadah haji dengan jumlah jamaah terbatas demi menjamin keamanan dan keselamatan mereka.

Grand Syaikh Al Azhar juga memuji Dr. Abdul Latief Al Syaikh, Menteri Urusan Islam Arab Saudi yang terus berupaya secara konsisten menghadapi ekstrimisme dan mensyiarkan wasathiyyah.

Al Azhar juga menyampaikan keinginan untuk terus menjalin kerjasama secara permanen dengan Dewan Ulama Senior di Kerajaan Arab Saudi dan Kementerian Urusan Islam di Kerajaan dalam segala hal yang bermanfaat bagi umat Islam di dunia.

Sebelumnya diberitakan bahwa pemerintah Arab Saudi pada hari Senin (22/06) telah mengeluarkan keputusan pelaksanaan ibadah haji tetap dibuka tahun ini dengan jumlah jamaah secara terbatas untuk jamaah haji dari berbagai negara yang sudah berada di Arab Saudi.

Keputusan ini dikeluarkan sebagai jalan tengah pelaksanaan ibadah haji di tengah pandemi Covid 19 yang angka penyebarannya masih tinggi. Pihak kerajaan akan menerapkan protokol kesehatan Covid 19 dan pembatasan sosial dalam pelaksanaan demi memastikan keamanan dan keselamatan jamaah haji. (WST/RS/skynewsarabia)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.