Home Berita Internasional 294 Kasus Corona di Mesir, 10 Meninggal, Grand Syaikh Al Azhar Tangguhkan...

294 Kasus Corona di Mesir, 10 Meninggal, Grand Syaikh Al Azhar Tangguhkan Shalat Jumat dan Jamaah di Masjid

37
0
SHARE
Pelataran Masjid Al Azhar Kairo nampak lengang.

Wasathiyyah.com, Kairo – Grand Syaikh Al Azhar Al Syarif, Ahmad Al Thayyeb menangguhkan pelaksanaan shalat Jumat dan shalat berjamaah di masjid Al Azhar, Kairo, guna mengantisipasi penyebaran virus Corona. Keputusan ini mulai berlaku sejak Sabtu (21/03).

Karena penangguhan sementara ini, muadzin di Masjid Al Azhar pun menyisipkan kalimat, “Shalluu fii buyutikum” (shalatlah di rumah masing-masing) pada setiap kumandang adzannya.

Dilansir oleh Azhar.eg, Grand Syaikh mengambil keputusan ini setelah memperhatikan angka penyebaran virus Corona di dunia yang masih sangat tinggi, khususnya di Mesir. Grand Syaikh menyatakan bahwa melindungi keselamatan jiwa manusia merupakan salah satu tujuan terbesar dalam syariat Islam.

Sebelumnya, Dewan Ulama Senior Al Azhar telah mengeluarkan Bayan atau fatwa yang membolehkan penangguhan shalat Jumat dan shalat jamaah untuk sementara karena merebaknya wabah Corona atau Covid 19.

Di Mesir sendiri data Kementerian Kesehatan menunjukkan hingga Minggu (22/03) ada 294 kasus Corona yang terkonfirmasi. Seluruh pasien sedang dalam masa karantina di rumah sakit dan dalam kondisi stabil. Adapun angka kematian mencapai 10 orang hingga saat ini.

Kabar baiknya, sebanyak 41 pasien Corona dinyatakan telah sembuh, seperti dilaporkan Egypt Today. (WST/RS/azhareg)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.