Home Berita Internasional Saudi Cabut Pembatasan, 1.500an Masjid di Mekkah Siap Sambut Jamaah

Saudi Cabut Pembatasan, 1.500an Masjid di Mekkah Siap Sambut Jamaah

213
0
SHARE
Petugas memasang penanda jarak di sebuah masjid di kota Mekkah. 1.500an masjid bersiap menyambut jamaah shalat pasca pembatasan sementara akibat Covid 19. (Gambar : arabnews)

Wasathiyyah.com, Mekkah – Lebih dari 1.500 masjid di kota Mekkah tengah bersiap untuk kembali menyambut jamaah shalat. Hal ini setelah pemerintah Saudi mencabut pembatasan sosial sementara di seluruh wilayah kerajaan yang dimulai pada hari Ahad (21/06) ini.

Masjid-masjid telah dibersihkan dan disanitasi untuk mencegah penyebaran virus Covid 19. Pintu-pintu dan jendela masjid akan tetap terbuka selama shalat berjamaah berlangsung. Lantai masjid juga telah ditandai agar ada jarak sekitar 2 meter antar orang yang shalat.

Meski pemerintah Saudi akan mencabut pembatasan sementara mulai hari ini, namun penerbangan internasional masih tetap ditangguhkan. Pelaksanaan umrah dan haji belum dibuka kembali.

Petugas memastikan fasilitas masjid dapat berfungsi dengan baik.

Hadiyah, organisasi amal Haji dan Umrah, dalam kemitraannya dengan Kementerian Urusan Islam, sebelumnya telah meluncurkan inisiatif agar semua masjid di kota Mekkah yang belum menjalin kerjasama pemeliharaan masjid, dapat memastikan penerapan protokol kesehatan Covid 19 yang terstandar sebelum membuka kembali untuk pelaksanaan shalat berjamaah.

Direktur Jenderal Hadiyah, Mansour Al Amer mengatakan, “Inisiatif ini diluncurkan di masjid Al Salaf Al Shaleh di kota Mekkah dan akan mencakup 250 masjid. Kami akan menerapkan langkah-langkah penerapan protokol kesehatan untuk memastikan keamanan dan kesehatan jamaah shalat, memasang stiker petunjuk jarak shalat, menyediakan sajadah, menyiapkan kunci dan memastikan siapa penanggungjawab masjid dengan tugasnya. Kami juga memastikan setiap masjid memiliki fasilitas pendukung yang dapat beroperasi dengan baik.” (WST/RS/arabnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.