Home Berita Internasional Lantang, Presiden Palestina Akhiri Semua Perjanjian dengan AS dan Israel

Lantang, Presiden Palestina Akhiri Semua Perjanjian dengan AS dan Israel

77
0
SHARE
Presiden Mahmoud Abbas memimpin rapat pimpinan di Ramallah, Tepi Barat, pada Selasa (19/05). (Foto : arabnews)

Wasathiyyah.com, London – Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, pada hari Selasa (19/05) mengeluarkan pernyataan tegas mengakhiri seluruh perjanjian yang telah ditandatangani dengan Amerika Serikat dan Israel.

Presiden Abbas mengeluarkan pernyataan ini dalam pertemuan darurat di Ramallah yang membahas rencana Israel untuk mencaplok bagian-bagian di Tepi Barat yang diduduki.

Ia menyatakan keputusan tersebut termasuk perjanjian keamanan dengan Israel, termasuk yang ditetapkan dalam Kesepakatan Oslo yang ditandatangani tahun 1993.

“Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan negara Palestina dibebaskan, sejak hari ini, dari segala perjanjian dan kesepahaman dengan pemerintah Amerika Serikat dan Israel dan semua kewajiban berdasarkan perjanjian dan kesepahaman tersebut, termasuk perjanjian keamanan,” tegas Abbas.

Secara dramatis Presiden Abbas mengeluarkan pernyataan itu ketika Israel tengah bersiap-siap mencaplok beberapa bagian dari Tepi Barat yang diduduki sebagaimana muncul melalui sikap pemerintahan baru yang disumpah pada hari Minggu lalu.

Perdana Menteri terpilih Israel, Benjamin Netanyahu berjanji dalam kampanye pemilihannya akan mencaplok wilayah Lembah Jordan yang merupakan wilayah Palestina.

Presiden Abbas mengatakan bahwa mengakhiri semua perjanjian itu mengakibatkan Israel harus memikul tanggung jawab sendirian di hadapan komunitas internasional atas tindakan pendudukan yang dilakukannya.

Presiden Abbas juga menyatakan Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Donald Trump telah mengambil jalan garis keras terhadap Palestina, termasuk memindahkan kantor kedutaan AS ke Yerussalem.

“Kami menganggap pemerintah Amerika bertanggungjawab penuh atas penindasan yang menimpa rakyat Palestina dan kami menganggapnya sebagai mitra utama pemerintah Israel dalam semua tindakan agresif dan tidak adil terhadap rakyat kami,” pungkas Abbas. (WST/RS/arabnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.