Home Berita Timur Tengah Raja Salman Tunjuk Perempuan Pertama di Kepemimpinan Dewan Syuro Arab Saudi

Raja Salman Tunjuk Perempuan Pertama di Kepemimpinan Dewan Syuro Arab Saudi

182
0
SHARE
Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud

Wasathiyyah.com, Jakarta — Raja Salman melakukan perombakan terhadap sejumlah lembaga tinggi di Arab Saudi, Senin, 19 Oktober 2020 . Hal tersebut meliputi Majelis Syuro Kerajaan Arab Saudi dan Mahkamah Agung.

Untuk Majelis Syuro Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman menempatkan ketua serta dua deputi baru. Mereka diagendakan mulai bekerja pekan ini menyusul dimulainya tahun kerja baru untuk Majelis Syuro. Adapun salah satu di antaranya adalah perempuan bernama Dr. Hanan Al-Ahmadi.

Masuknya Hanan Al-Ahmadi ke kepemimpinan Majelis Syuro menjadikannya perempuan pertama di Arab Saudi yang memiliki prestasi tersebut. Pencapaian itu melengkapi prestasi ia tujuh tahun lalu, menjadi perempuan pertama di keanggotaan Majelis Syuro Kerajaan Arab Saudi.

“Saya merasa terkejut dengan penunjukkan ini, dengan tanggung jawab yang harus saya emban karena ini keputusan yang bersejarah. Ini menjadi kesempatan untuk membuat perubahan dan menjadi pengambil keputusan di masyarakat,” ujar Al-Ahmadi tahun 2014 lalu ketika dipilih untuk masuk ke Majelis Syuro Kerajaan Arab Saudi.

Selain Majelis Syuro, perombakan juga di lakukan di Dewan Akademik Senior. Posisi ketua diberikan kepada Sheikh Abdulaziz al-Sheikh. Sementara itu, untuk perombakan di Mahkamah Agung, Khaled bin Abdullah al-Luhaidan menjadi ketuanya yang baru.

Posisi penasehat Kerajaan Arab Saudi tak lolos dari proses perombakan. Raja Salman menempatkan Ghayhab Mohammed al-Gahyhab sebagai penasehat senior Kerajaan Arab Saudi yang baru. (WST/YN/tempo.co)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + twenty =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.