Home Berita Timur Tengah Meskipun Lebaran Usai, Pengusaha Mesir Tetap Kembangkan Kedai Kopi Khas Indonesia

Meskipun Lebaran Usai, Pengusaha Mesir Tetap Kembangkan Kedai Kopi Khas Indonesia

125
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Giza–Indonesia memiliki hasil kekayaan alam yang melimpah sebagai komoditi ekspor non migas. Salah satu komoditi unggulan yang dihasilkan dari sektor perkebunan adalah kopi. Biji kopi Indonesia memiliki karakteristik tersendiri dengan aroma dan citarasa beragam yang banyak diminati masyarakat Mesir. Peluang ini membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para eksportir kopi Indonesia untuk memasarkan kopinya ke Mesir. Terhitung hingga saat ini tren pertumbuhan ekspor kopi Indonesia ke Mesir selama 5 tahun terakhir (2016 s.d 2020) nilainya positif diatas 7%.

Di pasca Lebaran Idul Fitri 1442H,  menjadi moment yang tepat bagi pelaku usaha kopi di Mesir untuk memperluas jangkauan usahanya. Hal ini yang dilakukan oleh Haji Mohamed Sobhi, pemilik usaha kopi Konoz Elbon Abdel Maaboud yang sudah lebih dari 70 tahun berdagang kopi di Mesir. Kini usaha Haji Sobhi sudah berkembang pesat dan mampu menghadirkan Kedai Kopi baru berkonsep milenial yang dapat melayani pelanggan dari berbagai kalangan.

Haji Sobhi menuturkan, sejak tahun 1940 secara turun temurun keluarganya telah merintis bisnis kopi di Mesir dan diawal 1990an mulai mengimpor kopi dari Indonesia. Nilai importasi kopi Konoz Elbon dari Indonesia saat ini sudah mencapai USD 6 juta atau senilai Rp. 85,75 miliar per tahun, dari beberapa pemasok kopi Nusantara baik dari daerah Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Flores.

Sobhi menuturkan, kedai kopinya saat ini dilengkapi dengan peralatan mesin pembuat kopi modern sehingga para pelanggan dapat memesan dan melihat langsung proses peracikan kopi sesuai aroma dan cita rasa yang diinginkan. Sebagai pelengkap sajian kopi, kedai kopi Konoz El Bon juga menyajikan aneka kue dan kudapan, kurma, madu, dan kacang-kacangan.

“Di kedai kami, ada pmesin pembuat kopi modern, sehingga para pelanggan dapat memesan dan melihat langsung proses peracikan kopi sesuai aroma dan cita rasa yang diinginkan,” kata Haji Sobhi.

Kedai kopi ini diharapkan bukan sekedar menjajakan kopi Indonesia saja, tetapi juga menawarkan pengalaman minum kopi yang berbeda dengan suasana yang nyaman. Konoz El bon dapat menyajikan kopi dengan cita rasa yang unik dan memiliki karakter khas, dimana beberapa varian kopinya memiliki sentuhan rasa coklat, vanila, mangga, hingga pala dan  rempah-rempah yang tajam.

Kedai kopi Konoz Elbon Abdel Maaboud yang berlokasi di kawasan kota elit 6th. October City, Prov. Giza dibuka secara resmi (Selasa, 18 Mei 2021) oleh Duta Besar RI Untuk Mesir, Lutfi Rauf didampingi Atase Perdagangan KBRI Cairo, sebagai bentuk komitmen pemerintah RI dalam mendukung upaya penetrasi produk ekspor kopi Indonesia ke pasar Mesir, termasuk melakukan pembinaan kepada para buyer kopi Mesir agar dapat terhubung baik secara langsung dengan para produsen/pemasok kopi Indonesia.

Atdag Irman Adi Purwanto Moefthi menerangkan, pada Januari 2021 ekspor kopi Indonesia ke Mesir mencapai USD 8,22 juta atau senilai Rp. 117 miliar, naik 33,57% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar USD 6,15 juta atau senilai Rp 87,93 miliar. Hingga saat ini Indonesia masih menduduki peringkat pertama sebagai eksportir kopi dengan mendominasi 60% peredaran kopi di pasar Mesir.

“Alhamdulillah, sampai detik ini, eksportir kopi Indonesia masih nomor satu,” tutur Atdag Irman Adi Purwanto Moefthi/ (WST/YNF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.