Home Berita Internasional Kementerian Wakaf Mesir Tutup Masjid Hingga Wabah Corona Usai

Kementerian Wakaf Mesir Tutup Masjid Hingga Wabah Corona Usai

223
0
SHARE
Seorang petugas membersihkan tiang-tiang lampu di Kuil Luxor, Mesir Selatan, mengantisipasi penyebaran virus Corona. (Foto:theguardian)

Wasathiyyah.com, Kairo – Menyikapi wabah Corona baru (Covid 19) di Mesir yang kasusnya terus bertambah, pihak Kementerian Wakaf negara itu menutup masjid-masjid dari berbagai kegiatan sampai wabah tersebut usai. Hal ini diumumkan pihak kementerian pada Rabu (15/04).

Hingga Sabtu (18/04), terdapat penambahan 188 pasien terinfeksi sehingga total menjadi kasus Corona di negeri Piramida itu menjadi 3.032 kasus. Angka kematian pun bertambah 19 orang sehingga total kematian akibat sampai saat mencapai 224.

“Penutupan masjid dan penangguhan shalat berjamaah akan terus diberlakukan sampai alasan penutupan tidak ada lagi dan tidak ada kasus baru yang dilaporkan,” ungkap Menteri Wakaf Mesir, Dr. Mukhtar Gomoa, seperti dikutip harian Al Ahram, Kamis (16/04).

Sebelumnya, otoritas Mesir juga memerintahkan penutupan masjid dan gereja pada 21 Maret 2020 selama dua pekan. Langkah ini diambil untuk menghentikan laju penyebaran virus Corona.

Penutupan itu diperpanjang tanpa batas waktu sejak akhir Maret lalu. Pertimbangannya karena khawatir wabah Corona terus menyebar di tengah masyarakat apalagi pada bulan Ramadhan kerap berlangsung kegiatan sosial keagamaan yang menarik konsentrasi warga khususnya di masjid-masjid.

Maka, sebagai langkah antisipasi Kementerian Wakaf menutup sementara masjid-masjid dan menganjurkan masyarakat menunaikan ibadah di rumah masing-masing. Demikian juga dengan gereja-gereja ditutup untuk sementara.

Pemerintah Mesir sudah memberlakukan jam malam, meliburkan sekolah dan kampus, serta lalu lintas udara. (WST/RS/republika/egypttoday)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 14 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.