Home Berita Internasional Tim Medis Delegasi Al Azhar Tiba di Sudan untuk Bantu Korban Banjir

Tim Medis Delegasi Al Azhar Tiba di Sudan untuk Bantu Korban Banjir

42
0
SHARE
Grand Syaikh Al Azhar Al Syarif, Prof. Dr. Ahmad Al Thayyeb.

Wasathiyyah.com, Kairo – Di bawah lindungan dan arahan Grand Syaikh Ahmad Al Thayyeb, Al Azhar mengirimkan delegasi tim medis ke Sudan untuk membantu para korban banjir. Tim ini tiba di Sudan pada Rabu (16/9) dan diterima langsung oleh Dr. Siddiq Tawir, anggota Dewan Berdaulat Sudan.

Ia mengatakan bahwa pemerintah dan rakyat Sudan berterimakasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Al Azhar yang memiliki kepedulian besar pada urusan kemanusiaan disamping pendidikan. Dr. Tawir mengungkapkan bahwa Mesir dan Al Azhar mendapatkan tempat terhormat di hati masyaraat Sudan.

Al Azhar tidak hanya mengirimkan delegasi yang terdiri dari tim medis, melainkan juga dengan berton-ton bantuan makanan, obat-obatan, dan logistik lainnya yang sangat diperlukan korban banjir guna meringankan beban mereka.

Delegasi Al Azhar ini dipimpin oleh Dr. Mahmoud Siddiq, Wakil Rektor Universitas Al Azhar. Pengiriman bantuan tim medis seperti ini bukan hal pertama yang dilakukan Al Azhar, sebelumnya institusi Islam paling berpengaruh di dunia ini juga pernah mengirimkan delegasi serupa pada 2012 dan 2016 dengan misi kemanusiaan.

Sudan dilanda banjir terparah sepanjang sejarah negara itu akibat tingginya intensitas hujan di hulu sungai Nil yang mengakibatkan tingginya debit air dan meluap membanjiri perkotaan di sepanjang alirannya.

Banjir besar di Sudan ini merenggut lebih dari 100 korban jiwa dan memaksa lebih dari 500.000 orang mengungsi. Ini merupakan banjir terparah setelah kejadian banjir pada 1946 dan 1988.

Grand Syaikh Al Azhar menekankan kepada delegasi yang dikirimnya untuk fokus membantu para korban, karena Al Azhar mengemban amanah kemanusiaan disamping advokasi dan pendidikan umat. (WST/RS/azhareg)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 − 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.