Home Berita Internasional Kongres AS dan Al Azhar Buka Peluang Kerjasama Membangun Perdamaian Dunia

Kongres AS dan Al Azhar Buka Peluang Kerjasama Membangun Perdamaian Dunia

136
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Kairo – Deputi Al Azhar Al Syarif, Syaikh Shaleh Abbas menerima kunjungan delegasi Kongres Amerika Serikat pada Senin (16/12).

Pada pertemuan ini dibahas mengenai upaya-upaya Al Azhar dalam mengkampanyekan perdamaian dunia dan persaudaraan umat manusia. Kedua pihak baik Al Azhar dan delegasi kongres AS sama-sama membuka kemungkinan-kemungkinan kerjasama demi membangun budaya dialog antar peradaban dan memerangi ekstrimisme.

Pada kesempatan ini Syaikh Shaleh Abbas mengemukakan bahwa Al Azhar merupakan lembaga pendidikan yang mengerahkan segenap kemampuan untuk mengajarkan Islam yang benar dan menyebarkan ajaran-ajaran Islam yang mulia. Termasuk didalamnya ajaran untuk hidup secara damai di tengah perbedaan. Upaya Al Azhar ini dilakukan di setiap lingkup baik lokal, regional hingga lingkup global.

Syaikh Shaleh Abbas juga menjelaskan bahwa Al Azhar mengadakan konferensi internasional dengan tema, “Kebebasan dan Kewarganegaraan” yang dihadiri oleh para tokoh Islam dari berbagai negara, kepala-kepala gereja timur dan sebagian besar sekte-sekte lainnya. Konferensi ini menyampaikan kepada dunia bahwa berbagai kejadian terorisme dan kejahatan kemanusiaan yang mengatasnamakan Islam itu tiada lain adalah hanya untuk mencoreng citra Islam. Muslim dan non muslim adalah sama-sama warga negara yang memiliki hak dan kewajiban yang setara.

Sementara delegasi kongres AS menyampaikan apresiasinya kepada Al Azhar dan Prof. Dr. Ahmad Al Thayyeb selaku grand syaikh atas upayanya selama ini dalam mengkampanyekan perdamaian dan persaudaraan antar manusia. Mereka memuji langkah penandatanganan dokumen persaudaraan kemanusiaan yang dilakukan Prof. Ahmad Al Thayyeb selaku grand syaikh Al Azhar dan Paus Fransiskus selaku kepala gereja Katholik, sebagai langkah bersejarah yang menjadi referensi dialog antar peradaban dan perdamaian umat manusia di masa depan. (WST/RS/azhareg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.