Home Berita Timur Tengah Tunisia Tak Minat Ikuti Langkah Maroko Normalisasi dengan Israel

Tunisia Tak Minat Ikuti Langkah Maroko Normalisasi dengan Israel

44
0
SHARE
Perdana Menteri Tunisia, Hichem Mechichi.

Wasathiyyah.com, Tunis – Dalam wawancara dengan France24, Perdana Menteri Tunisia Hichem Mechichi mengungkapkan bahwa negaranya sangat menghormati Maroko yang mengambil langkah normalisasi hubungan dengan Israel.

Namun, Mechichi memastikan bahwa Tunisia tidak akan mengikuti jejak Maroko. “Normalisasi tidak ada dalam agenda Tunisia,” ungkapnya.

“Setiap negara memiliki realitasnya sendiri, dan diplomasinya sendiri, yang dianggap terbaik bagi rakyatnya,” kata Mechichi.

“Kami menghormati pilihan Maroko, Maroko adalah negara saudara yang sangat kami cintai,” tambahnya.

Pada pekan lalu, Maroko menjadi negara Arab keempat yang pada tahun ini melakukan normalisasi hubungan dengan Israel, setelah UEA, Bahrain dan Sudan.

Pasca kesepakatan antara Maroko dan Israel, Presiden AS DOnald Trump memberikan pengakuan kepada Maroko atas penguasaan terhadap wilayah Sahara Barat yang diperebutkan dengan kelompok yang mereka sebut sebagai separatis, sejak Spanyol meninggalkannya tahun 1975.

Pengumuman normalisasi oleh pihak kerajaan menuai respon beragam di tengah masyarakat Maroko. Otoritas setempat mengizinkan aksi masa kecil yang mendukung normalisasi, tapi tidak ada izin untuk aksi masa yang memprotes normalisasi.

Perdana Menteri Tunisia, Hichem Mechichi mengatakan bahwa pihaknya tidak ada kontak dari pemerintahan Trump tentang masalah normalisasi dengan Israel. (WST/RS/aljazeera)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − ten =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.