Home Berita Timur Tengah Bangunan Tua di Kairo Rubuh, 14 Orang Dievakuasi

Bangunan Tua di Kairo Rubuh, 14 Orang Dievakuasi

91
0
SHARE
Petugas keamanan berjaga di dekat sebuah gedung yang rubuh di jalan Kasr el Nile, Kairo. (gambar:thenewarab)

Wasathiyyah.com, Kairo – Sebuah bangunan tua di pusat ibu kota Mesir, Kairo, rubuh pada Sabtu (15/8) dan melukai lima orang, kata otoritas keamanan setempat. Gedung ini berada tepatnya di jalan Kasr El Nile, tak jauh dari Tahrir Square yang menjadi ikon ibu kota.

Aparat keamanan yang bergegas datang ke lokasi kejadian berhasil mengevakuasi 14 orang, termasuk diantaranya pejalan kaki, dan membawa lima korban luka ke rumah sakit.

Gubernur Kairo mengatakan pihaknya langsung melakukan investigasi atas rubuhnya bangunan tua empat lantai yang termasuk warisan budaya itu. Terdapat dua toko di lantai dasar dan dua apartemen di atasnya.

Reporter AFP melaporkan bahwa gedung tersebut rubuh dan menyisakan puing-puing. Ambulance dan mobil pemadam kebakaran telah siaga di lokasi kejadian.

Rubuhnya bangunan di Kairo sudah beberapa kali terjadi. Hal ini disinyalir karena lemahnya penegakan aturan terkait konstruksi bangunan. Orang dapat menambah lantai gedung tanpa izin demi menambah keuntungan.

Selain itu, lemahnya pengawasan terhadap bangunan tua juga diperkirakan menjadi sebab banyaknya bangunan yang rubuh di Kairo.

Pada Juli lalu sebuah bangunan di kawasan elit, Zamalek, tak jauh dari komplek kedutaan dan pemukiman kelas atas, mengalami keretakan yang cukup besar. Sehingga aparat segera mengevakuasi penghuni gedung tersebut.

Salah satu musibah terburuk terjadi pada 2014, ketika sebuah gedung di Kairo rubuh dan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa sebanyak 19 orang.

Bangunan tua adalah warisan budaya yang menjadi kebanggaan warga Kairo. Deretan bangunan yang berusia sekitar 200 tahunan, dengan perpaduan motif islam dan neo-klasik.

Banyak bangunan yang terdaftar di UNESO telah rusak dan hancur dalam upaya pemerintah Mesir memperbarui kota. (WST/RS/thenewarab)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.