Home Berita Internasional Baku Tembak di Kairo, Satu Polisi dan Tujuh Ekstrimis Tewas

Baku Tembak di Kairo, Satu Polisi dan Tujuh Ekstrimis Tewas

202
0
SHARE
Kepolisian Mesir bersiaga pasca baku tembak di distrik Al Amiriya, Kairo pada Selasa (14/04). (Foto:vongov)

Wasathiyyah.com, Kairo – Seorang polisi dan tujuh ekstrimis tewas, sementara tiga polisi lainnya terluka, pada baku tembak yang terjadi di Kairo, Selasa (14/04). Peristiwa terjadi di distrik Al Amiriya. Demikian dilaporkan Kementerian Dalam Negeri Mesir pada Selasa malam.

Kemendagri Mesir menyampaikan bahwa terdapat sel-sel teroris yang menganut ideologi takfiri, menggunakan beberapa daerah di kawasan timur dan selatan Kairo sebagai tempat bersembunyi dan konsolidasi. Titik-titik ini disinyalir menjadi titik awal dari aksi terorisme yang akan dilancarkan di ibu kota Mesir itu.

Otoritas Mesir menggunakan istilah takfiri untuk merujuk pada kelompok ekstrimis yang seringkali menuduh targetnya sebagai kafir.

Dua stasiun televisi swasta menyiarkan detik-detik tembak-menembak itu dan menghimbau warga di sekitar lokasi untuk berlindung di dalam rumah.

Kemendagri mengatakan bahwa sejumlah senjata dan amunisi berhasil disita bersamaan dilumpuhkannya para penyerang. Tim investigasi juga telah diterjunkan di lokasi kejadian.

Mesir telah memerangi kelompok pemberontak ekstrimis di bagian utara Semenanjung Sinai sejak penggulingan Presiden Morsi dari Ikhwanul Muslimin pada 2013 silam menyusul aksi protes terhadap pemerintahannya.

Militer dan kepolisian Mesir melakukan kampanye perlawanan besar-besaran terhadap kelompok-kelompok ekstrimis sejak 2018, dengan titik fokus Semenanjung Sinai dan wilayah selatan yang berbatasan dengan Libya.

Serangan besar terakhir berlangsung pada November 2017 ketika kelompok ekstrimis menyerang sebuah masjid di kawasan Sinai Utara dan membunuh 300 orang. Ini adalah insiden paling mematikan di negara berpenduduk terbesar di dunia Arab itu. (WST/RS/reuters)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.