Home Berita Timur Tengah Mesir Temukan Mumi Diperkirakan Berusia 2.500 Tahun

Mesir Temukan Mumi Diperkirakan Berusia 2.500 Tahun

28
0
SHARE
Sekretaris Jenderal Dewan Purbakala Tertinggi Mostafa Waziri (tengah) memeriksa salah satu dari 13 peti mati kayu berusia 2.500 tahun yang ditemukan di kuburan di pekuburan gurun Saqqara di selatan Kairo. (saudigazette.com.sa)

Wasathiyyah.com, Kairo — Pihak berwenang Mesir menemukan koleksi lebih dari selusin peti mati yang diyakini menyimpan mumi manusia yang berusia lebih dari dua ribu tahun.

Dikutip dari Saudi Gazette Minggu (13/9/2020), menurut Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir ke-13 kamar ditemukan ditumpuk di sebuah sumur di Saqqara, sebuah situs kuno yang terletak sekitar 20 mil selatan Kairo, ibu kota Mesir.

Setelah ditemukan hampir 40 kaki di bawah tanah, para arkeolog mengatakan kamar-kamar itu terlindung dari pelapukan, meninggalkan detail asli yang terlihat di bagian luar peti mati.

“Perasaan yang tak terlukiskan saat Anda menyaksikan penemuan arkeologi baru,” kata Menteri Pariwisata dan Barang Antik Mesir, Khaled El-Enany dalam sebuah posting Twitter.

Dalam video Facebook, salah satu arkeolog mengatakan itu adalah penemuan unik.

“Saya belum pernah melihat ini sebelumnya,” katanya.

Mesir baru pekan lalu membuka situs arkeologi dan museumnya setelah ditutup berbulan-bulan karena pandemi virus corona. Penemuan semacam itu tidak hanya penting bagi warisan Mesir tetapi juga ekonominya.

Arkeolog juga menemukan empat peti mati berisi mumi di Saqqara awal tahun ini. (WST/YN/saudigazette.com.sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one + 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.