Home Berita Internasional Syaikh Shaleh Abbas Bertemu Utusan Khusus Presiden Indonesia : Manhaj Al Azhar...

Syaikh Shaleh Abbas Bertemu Utusan Khusus Presiden Indonesia : Manhaj Al Azhar Sesuai untuk Setiap Waktu dan Tempat

100
0
SHARE
Wakil Al Azhar Al Syarif, Syaikh Shaleh Abbas menerima kunjungan utusan Presiden Republik Indonesia untuk Timur Tengah dan OKI, Dr. Alwi Shihab.

Wasathiyyah.com, Cairo – Syaikh Shaleh Abbas, selaku wakil Al Azhar Al Syarif, menerima kunjungan utusan khusus Presiden Republik Indonesia untuk Timur Tengah dan OKI, Dr. Alwi Shihab. Pertemuan berlangsung pada Kamis, 12 September 2019.

Wakil Al Azhar menyampaikan bahwa Indonesia memiliki tempat yang spesial baik di hati masyarakat Mesir maupun di Al Azhar, terutama karena Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia. Al Azhar bangga atas hubungan yang terjalin sangat baik dengan Indonesia dalam kegiatan dakwah dan pendidikan. Ribuan pelajar dari Indonesia datang silih berganti ke Al Azhar untuk menuntut ilmu.

Dan, begitu pula Al Azhar sudah berulang kali mengirim utusan ke Indonesia. Para pelajar dari Indonesia pun banyak yang mengikuti pendidikan di Akademi Al Azhar Internasional untuk Pelatihan para imam asing. Pun demikian sudah begitu banyak lulusan Al Azhar yang berkiprah di Indonesia pada berbagai macam sektor. Hal ini menunjukan bahwa hubungan Indonesia dengan Al Azhar sangat kuat.

Syaikh Shaleh Abbas menekankan bahwa manhaj Al Azhar diperlukan pada setiap tempat dan waktu. Karena, Al Azhar menganut toleransi dan moderasi Islam. Dan, kunci dari langgengnya institusi Al Azhar ini adalah karena konsistensinya dalam berpegang kepada risalah Islam yang benar. Syaikh Shaleh Abbas juga menekankan bahwa Al Azhar berupaya sekuat tenaga mendukung para pelajar asing untuk bisa menuntut ilmu dengan iklim akademik yang kondusif sehingga kelak di kemudian hari mereka bisa pulang ke negerinya masing-masing sebagai duta Al Azhar dan mengemban misi dakwah sesuai manhaj Al Azhar.

Sementara utusan Presiden Republik Indonesia, Dr. Alwi Shihab menyampaikan bahwa dirinya merupakan salah satu lulusan Al Azhar dan Al Azhar pun memiliki tempat yang istimewa di hati masyarakat Indonesia. Al Azhar sangat dihormati, disegani dan menjadi tujuan utama mesyarakat Indonesia untuk belajar. Demikian juga dengan lulusan-lulusannya, sangat diterima oleh masyarakat karena dari merekalah masyarakat Indonesia bisa melihat perwujudan sikap moderasi dan toleransi dalam kehidupan. Masyarakat Indonesia sangat percaya kepada Al Azhar sehingga tidak heran jika mereka berupaya mengirimkan anak-anaknya untuk belajar di Al Azhar.

Alwi Shihab juga menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia sangat mengharapkan dukungan yang lebih besar dari Al Azhar dalam hal dakwah dan pendidikan. Masyarakat Indonesia sangat ingin melihat lebih banyak pendakwah dan cendekiawan lulusan Al Azhar berkiprah di tengah mereka sehingga mereka bisa lebih leluasa untuk bertanya tentang persoalan kontemporer dan menjaga mereka dari pemikiran-pemikiran ekstrim yang banyak beredar khususnya negara muslim terbesar ini. (WST/RS/azhareg)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.