Home Berita Internasional Ketua Kongres Yahudi Mendadak Temui Presiden Palestina Mahmoud Abbas

Ketua Kongres Yahudi Mendadak Temui Presiden Palestina Mahmoud Abbas

36
0
SHARE
Ketua Kongres Yahudi menemui Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah, Sabtu (10/10) (gambar:arabnews)

Wasathiyyah.com, Ramallah – Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu dengan Ketua Kongres Yahudi Amerika Ronald Lauder di Ramallah, Tepi Barat, pada Sabtu (10/10).

Seorang menteri Palestina mengatakan bahwa kunjungan Lauder yang mendadak ke Ramallah ini membawa misi untuk membuka kembali ruang dialog untuk perdamaian dengan Israel.

Menteri Urusan Sipil Hussein Al Sheikh mengungkapkan pertemuan itu pada akun Twitter-nya tanpa memberikan penjelasan rinci.

Lauder yang merupakan seorang pengusaha Amerika adalah sosok yang dekat dengan perdana menteri Israel Benjamin Netanyahu dan presiden AS Donald Trump. Lauder sempat bertemu dengan presiden Abbas di New York setahun yang lalu.

Lauder juga turut hadir pada acara penandatanganan perjanjian damai antara Israel dan Uni Emirat Arab dan Bahrain pada 15 September di Gedung Putih.

Kepada Arab News pada 16 September Lauder mengungkapkan harapannya perjanjian itu dapat membawa kembali Palestina dan Israel kepada pembicaraan damai yang runtuh pada 2014.

Miliarder Amerika itu mendadak melakukan kunjungan ke Ramallah untuk bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Ia tiba di Ramallah dengan helikopter dari Yordania dan mengadakan pembicaraan yang cukup panjang degan Presiden Abbas sebelum kemudian kembali ke Yordania.

Sebuah sumber di Palestina menyebutkan bahwa pertemuan itu difokuskan pada pembicaraan hubungan Palestina – Israel dan agenda pemilu Palestina yang akan datang. Sumber tersebut juga mengatakan bahwa pada pertemuan itu Presiden Abbas menegaskan bahwa posisi Palestina merdeka dan tidak terhubung dengan poros politik manapun.

Presiden Abbas beberapa waktu lalu telah meminta kepada Sekjen PBB Antonio Guterres untuk mengadakan konferensi internasional pada awal tahun 2021 guna membahas masa depan perdamaian Timur Tengah pasca normalisasi dua negara Teluk dengan Israel yang dimediasi oleh Amerika.

Presiden Abbas telah mengatakan bahwa Palestina menolak semua negosiasi apapun yang dipromosikan Presiden AS Donald Trump. (WST/RS/arabnews/gulfnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − fourteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.