Home Berita Internasional Untuk Keempat Kalinya Paviliun Al Azhar akan Hadir di International Cairo Book...

Untuk Keempat Kalinya Paviliun Al Azhar akan Hadir di International Cairo Book Fair 2020

199
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Kairo – Untuk kali keempat dalam kurun waktu empat tahun berturut-turut, Al Azhar Al Syarif akan kembali meramaikan gelaran Pameran Buku Internasional 2020 di Kairo yang akan dibuka pada 22 Januari 2020.

Pameran buku yang termasuk terbesar di dunia ini akan bertempat di Pusat Pameran Internasional Mesir di kawasan Tagamu Khamis. Rencananya pameran buku internasional ke-51 ini akan berlangsung hingga 4 Februari 2020 mendatang.

Dalam pameran ini Al Azhar akan berpartisipasi melalui stand khusus bernama Paviliun Al Azhar dan menyajikan pameran dan diskusi seni dan kebudayaan. Paviliun ini bertujuan untuk semakin mendekatkan Al Azhar dengan berbagai lapisan masyarakat. Sehingga apa yang menjadi nilai-nilai Al Azhar selama ini bisa semakin tersosialisasikan. Termasuk didalamnya nilai-nilai wasathiyyah, perdamaian dunia, persaudaraan kemanusiaan dan dialog antar peradaban.

pada pameran tahun ini, Paviliun Al Azhar akan kembali memiliki tampilan berbedan dan unik dibandingkan dengan stand lainnya. Karena pada paviliun ini nantinya akan digelar pertunjukan seni, deklamasi puisi, hingga penampilan teater. Bahkan ada juga agenda pelatihan melukis, seni kaligrafi, kerajinan tangan hingga fotografi.

Paviliun Al Azhar pun tentu saja akan menjadi panggung untuk seminar-seminar akademik-intelektual, bedah buku, dan diskusi publik yang melibatkan para cedekiawan Al Azhar, para profesional, jurnalis, dan ahli-ahli yang berkaitan dengan pembangunan generasi muda dan kewarganegaraan.

Pada perhelatan tahun ini Paviliun Al Azhar akan memberikan tribun kehormatan khusus untuk memperingati Syaikh Muhammad Mutawali Asy Sya’rawi. Seorang ulama besar, dai terkemuka, ahli tafsir kebanggaan Al Azhar yang sangat piawai menafsirkan Al Quran dengan bahasa-bahasa sederhana yang mudah dimengerti masyarakat hingga beliau dijuluki sebagai imamnya para juru khutbah dan gurunya para ahli tafsir.

Paviliun Al Azhar akan mengambil tempat di aula Turats area pameran. Luas area ini membentang sekitar 1.000 meter. Kemudian, area ini akan terbagi-bagi lagi kepada aula seminar, pojok fatwa, panorama Al Azhar, pojok kaligrafi, pojok anak, dan ruang lokakarya serta panggung seni budaya.

Berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan di Paviliun Al Azhar juga akan dipublikasikan melalui jejaring Facebook. Sehingga masyarakat bisa mengetahui akan ada agenda apa saja di paviliun ini setiap harinya. Termasuk juga buku-buku apa saja yang akan dipameran di paviliun ini dan liputan kegiatan yang komprehensif. (WST/RS/azhareg)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.