Home Berita Internasional Mengintip Kiprah Pendidikan dan Dakwah Al Azhar di Kurdistan Irak

Mengintip Kiprah Pendidikan dan Dakwah Al Azhar di Kurdistan Irak

224
0
SHARE
Salah satu pusat keramaian di Erbil, Kurdistan, Irak.

Wasathiyyah.com, Kairo – Grand Syaikh Al Azhar Al Syarif, Prof. Dr. Ahmad Al Thayyeb menerima kunjungan para imam dan khatib asal Kurdistan Irak yang merupakan peserta pelatihan di akademi Al Azhar untuk para imam dan khatib. Kunjungan ini berlangsung pada Rabu (11/11).

Grand Syaikh menyampaikan kepada delegasi ini bahwa para imam, da’i dan khatib yang telah selesai mengikuti masa pendidikan di akademi Al Azhar akan menjadi harapan bagi masyarakat yang selalu mendambakan kehidupan yang damai, rukun dan penuh kebaikan khususnya di Irak. Para imam dan khatib ini diharapkan mampu menjadi mercusuar kehidupan masyarakat yang toleran, saling menghormati satu sama lain di dalam perbedaan, terbuka pada nilai kebaikan dari kebudayaan lain dan menolak keburukan yang mungkin juga datang dari kebudayaan lain.

Grand Syaikh juga menekankan betapa besar peran dan tanggungjawab para imam dan khatib ini dalam menyebarkan ajaran wasathiyyah Islam di tengah masyarakat. Dalam waktu yang sama para imam dan khatib inipun berperan besar dalam membendung datangnya arus pemikiran ekstrim dan destruktif yang pada masa kini bisa datang dari celah mana saja.

Para imam dan khatib asal Kurdistan Irak bertatap muka dengan Grand Syaikh Al Azhar usai mengikuti pelatihan di akademi Al Azhar.

Delegasi imam dan khatib asal Kurdistan ini mengungkapkan penghargaan kepada Grand Syaikh Al Azhar atas upaya tak kenal lelah dalam mengkampanyekan perdamaian dan koeksistensi antar kebudayaan dan peradaban. Delegasi ini juga mengucapkan rasa terima kasih atas pelatihan yang telah diberikan kepada mereka sehingga siap kembali ke tengah masyarakat dan menjalankan misi dakwah wasathiyyah sebagaimana diajarkan oleh Al Azhar.

Setiap tahunnya Al Azhar menyediakan beasiswa untuk 25 pelajar asal Irak yang ingin belajar di Al Azhar. Dan, pada tahun ini tercatat ada 52 mahasiswa asal Irak yang kuliah di Universitas Al Azhar dan tersebar pada berbagai disiplin ilmu.

Al Azhar juga pada 2008 telah membuka lembaga pendidikan Al Azhar di Erbil yang merupakan ibukota dari wilayah otonomi Kurdistan di Irak. Lembaga ini aktif menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan dakwah serta menjadi pusat penyebaran ajaran Al Azhar di kawasan tersebut. (RS/WST/azhareg)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.