Home Berita Timur Tengah Grand Syekh Al-Azhar Minta Azerbaijan dan Armenia Gencatan Senjata

Grand Syekh Al-Azhar Minta Azerbaijan dan Armenia Gencatan Senjata

37
0
SHARE
Grand Syaikh Al Azhar, Prof. Dr. Ahmad Al Thayyeb.

Wasathiyyah.com, Kairo — Imam besar (grand syekh) Al-Azhar Ahmed El-Tayyeb meminta Azerbaijan dan Armenia untuk menyerukan gencatan senjata dalam konflik Nagorno-Karabakh.

Dilansir dari Ahram Online, Pertempuran sengit kedua negara selama hampir dua minggu tersebut telah menewaskan ratusan orang dan membuat puluhan ribu orang mengungsi.

“Mendengarkan suara alasan menentukan gencatan senjata segera antara dua negara tetangga Azerbaijan dan Armenia,” kata El-Tayyeb di akun Twitter resminya, Kamis (8/10/2020).

“Kami menyerukan kepada semua pihak yang berkomitmen pada pesan perdamaian dunia agar melakukan yang terbaik untuk menghentikan konflik bersenjata dan kembali ke meja perundingan dan solusi damai antara kedua negara ini,” tambahnya.

Pertempuran sengit antara pasukan Azerbaijan dan Armenia di wilayah Nagorno-Karabakh meletus pada tanggal 27 September, menewaskan puluhan tentara dan warga sipil.

Nagorno-Karabakh berada di dalam Azerbaijan tetapi telah di bawah kendali pasukan etnis Armenia yang didukung oleh Armenia, yang mengklaim wilayah tersebut adalah bagian dari wilayahnya sejak era pra-Soviet.

Al-Azhar merupakan institusi Islam paling berpengaruh di Mesir dan sebagian besar dunia Sunni.

Hampir 97 persen penduduk Azerbaijan beragama Islam, mayoritas Syiah. (WST/YN/ahram.org.eg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.