Home Berita Timur Tengah Militer Israel Latihan di Lembah Yordan, Warga Palestina Diminta Minggir

Militer Israel Latihan di Lembah Yordan, Warga Palestina Diminta Minggir

34
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Ramallah – Israel berencana mengadakan latihan di Lembah Yordan, Tepi Barat, Palestina. Warga Palestina yang tinggal di sana diminta untuk mengevakuasi diri dan rumah mereka.

Kantor berita Palestina WAFA mengatakan bahwa pejabat pemerintah di kota Tubas, Mutaz Bisahara telah melaporkan adanya serbuan pasukan Israel di desa Al Farisiya, Al Burj, Al Mayta dan meminta warga di desa-desa tersebut untuk pergi pada Selasa dan Rabu depan.

Militer Israel berdalih bahwa mereka akan melakukan latihan perang di wilayah itu dan membutuhkan ruang gerak yang lebih luas untuk tank-tank mereka.

Lembah Yordan merupakan wilayah subur di Tepi Barat yang membentang ke arah barat di sepanjang sungai Yordan. Terdapat 65 ribu warga Palestina yang tinggal di sana dan itu berarti 30% dari populasi Tepi Barat.

Israel telah merangsek masuk di wilayah Lembah Yordan sejak 1967 dan menempatkan sekitar 11 ribu warga Yahudi di Lembah Yordan. Pemukiman Yahudi yang berdiri di wilayah ini rata-rata dibangun di atas tanah-tanah pribadi rakyat Palestina.

Israel juga menetapkan 46 % wilayah Lembah Yordan sebagai zoa militer tertutup mereka sejak awal pendudukan di tahun 1967. Latihan militer kerap dijadikan alibi untuk mengusir paksa warga Palestina di sana.

Sekitar 6.200 warga Palestina tinggal di 38 komunitas di tempat-tempat yang diperuntukkan bagi latihan militer Israel. Mereka harus mendapatkan izin dari otoritas Israel jika ingin masuk dan tinggal di komunitas terkait. (WST/RS/republika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.