Home Berita Timur Tengah Observatorium Al-Azhar Sebut Boko Haram Teroris Paling Mematikan

Observatorium Al-Azhar Sebut Boko Haram Teroris Paling Mematikan

149
0
SHARE
Markas Observatorium Al-Azhar

Wasathiyyah.com, Kairo — Observatorium Al-Azhar Mesir menyebut Boko Haram sebagai kelompok teroris paling mematikan di Afrika selama bulan Desember 2020.

Dilaporkan Ahram Online, Observatorium pada Rabu (6/1/2021) menyatakan, Afrika menyebut total ada 52 serangan pada bulan Desember dari berbagai kelompok dan organisasi teroris. Jumlah tersebut sama juga terjadi pada bulan November. Namun, beberapa negara menyatakan serangan teroris lebih banyak dari jumlah itu pada bulan terakhir tahun 2020.

Dalam laporannya, observatorium tersebut menyatakan organisasi teroris Al-Shabab melancarkan 22 serangan, termasuk 7 serangan di Kenya yang mengakibatkan terbunuhnya 52 orang. Sementara aktivitas kelompok tersebut di Somalia turun akibat adanya upaya kontra terorisme pasukan Somalia dibantu Misi Uni Afrika di Somalia.

Pengamat menambahkan, karena operasi keamanan pasukan Somalia, organisasi Al-Shabab harus mengalihkan operasinya ke negara lain.

Soal kelompok teroris Boko Haram, Observatorium menyatakan bahwa kelompok itu mengintensifkan operasinya di Afrika barat, khususnya di Nigeria pada bulan Desember.

Karenanya, Boko Haram melancarkan 12 serangan teroris di Nigeria, 5 serangan teroris di Niger, dan satu serangan di Kamerun, menewaskan total 91 orang dan melukai 120 lainnya, menjadikan kelompok itu paling berdarah di Afrika pada bulan Desember.

Sementara itu, wilayah Sahel mengalami penurunan serangan teroris, karena hanya tercatat 9 serangan, beberapa di antaranya dilakukan oleh ISIS. Ditambahkan bahwa serangan di daerah Sahel mengakibatkan tewasnya sepuluh orang dan melukai 14 lainnya. (WST/YN/english.ahram.org.eg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.