Home Berita Internasional Aksi Tentara Israel Menekan Leher Warga Palestina dengan Lutut Memicu Kemarahan

Aksi Tentara Israel Menekan Leher Warga Palestina dengan Lutut Memicu Kemarahan

164
0
SHARE
Tentara Israel dikecam karena menahan seorang pendemo, Khairi Hanoun (60), dengan lututnya di bagian leher. (Gambar : bbc)

Wasathiyyah.com, Yerussalem – Rekaman seorang tentara Israel yang mendorong seorang warga Palestina ke atas tanah lalu menekan lehernya menggunakan lutut, telah memicu kemarahan di wilayah Palestina dan sekitarnya.

Warga Palestina itu bernama Khairi Hanoun, 60 tahun, ia menjadi peserta demontrasi pada Selasa (1/9) di Tulkram, Tepi Barat. Aksi demo ini menentang Israel yang terus memperluas wilayah pemukimannya di Tepi Barat.

Berdasarkan rekaman AFP, Hanoun menjadi peserta aksi protes di sebuah jalan yang berbatasan dengan desa Shufah antara Nablus dan Tulkram.

Hanoun terlihat mengibarkan bendera Palestina bersama peserta aksi yang lain. Dia meneriaki dan sempat menyentuh seorang tentara Israel. Sebelum kemudian tentara itu mendorongnya sehingga ia terjatuh di tanah. Tentara itu menekan leher Hanoun dengan lehernya dan mengikat kedua tangannya dengan ikat plastik.

Kejadian ini disaksikan oleh beberapa awak media dan rekamannya dengan cepat menyebar di media sosial dan saluran televisi Palestina.

Warga Palestina mengaitkan kejadian ini dengan yang menimpa George Floyd, seorang Afrika – Amerika tak bersenjata yang tewas oleh polisi. Floyd tewas karena kehabisan napas setelah kepalanya ditekan oleh polisi menggunakan lututnya.

Hastag #PalestinianLivesMatter segera memenuhi jagat maya. Saeb Erakat, sekretaris jenderal Organisasi Pembebasan Palestina mengutuk aksi tentara Israel itu.

Hamas menyebut tindakan tentara Israel seperti itu sebegai pemicu utama ketegangan di wilayah Palestina, terutama Tepi Barat.

Namun, tentara Israel menampik rekaman itu dan menyebutnya sebagai editan. Mereka berdalih bahwa mereka hanya merespon tindakan pendemo yang memprovokasi mereka dengan dorongan fisik beberapa kali.

Pihak militer Israel mengklaim bahwa mereka telah memberikan pertolongan medis terhadap Hanoun pasca kejadian. (WST/RS/arabnews)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.