Home Berita Internasional Warga Gaza Antusias Sambut Pembukaan Kembali Masjid dan Sekolah

Warga Gaza Antusias Sambut Pembukaan Kembali Masjid dan Sekolah

193
0
SHARE
Suasana shalat Dhuhur berjamaah di masjid Al Abbas, Gaza, pada Rabu (03/06).

Wasathiyyah.com, Gaza City – Masjid di kota Gaza, Palestina, telah dibuka kembali untuk pelaksanaan shalat lima waktu. Sekolah-sekolah juga telah dibuka kembali sejak hari Rabu (03/06) pasca penutupan sementara akibat Coronavirus.

Gaza, wilayah yang dikuasai Hamas dan perbatasannya di bawah kontrol ketat Israel dan Mesir ini telah mencatat 61 kasus infeksi Corona yang terkonfirmasi. Semua dalam fasilitas karantina. Sedangkan angka kematian akibat virus ini hanya satu. Dua juta warga Palestina tinggal di Gaza.

Dalam sepekan terakhir, otoritas Palestina di wilayah ini telah mengizinkan shalat Jumat di masjid setelah masa penutupan selama dua bulan.

Abdel Hadi Al Agha, direktur pelayanan Wakaf dan Urusan Agama yang dipimpin Hamas, mengatakan bahwa ia menginstruksikan para imam masjid untuk mempersingkat khutbah dan shalat sebagai upaya antisipasi penyebaran virus Corona gelombang kedua.

Ahmed Al Safadi, imam masjid di Gaza mengatakan bahwa puluhan orang telah menghadiri shalat Subuh berjamaah di masjidnya.

“Mereka bergembira ketika bisa kembali shalat di masjid, ini adalah berkah yang luar biasa,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa jamaah shalat mengikuti protokol kesehatan selama berada di dalam masjid. Seperti mengenakan masker, membawa sajadah masing-masing dan menjaga jarak.

Otoritas pendidikan di Gaza juga mengatakan bahwa PAUD dan TK telah dibuka kembali untuk anak-anak usia dua hingga lima tahun.

“Sebagian besar keluarga mereka adalah karyawan dan karena mereka sudah mulai mausk kerja lagi, maka mereka menitipkan anak-anaknya di PAUD kami,” kata Hind Assousi, kelapa TK Beautiful Smile di kota Gaza.

Sekolah-sekolah di Gaza dan Tepi Barat sempat ditutup sementara sejak Maret lalu untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Tahun ajaran untuk SD dan sekolah menengah di Gaza dan Tepi Barat secara resmi telah selesai. Kecuali ujian akhir untuk sekolah menengah yang baru akan dimulai pada hari Sabtu depan. (WST/RS/arabnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.