Home Berita Timur Tengah Ismail Haniyeh : Hamas dan Fatah Rekonsiliasi

Ismail Haniyeh : Hamas dan Fatah Rekonsiliasi

43
0
SHARE
Ismail Haniyeh.

Wasathiyyah.com, Yerusalem – Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh mengungkapkan pada hari Jumat (1/1) bahwa Hamas sedang berupaya untuk melanjutkan pembicaraan internal sebelum melakukan rekonsiliasi dengan Fatah.

Haniyeh menyampaikan pernyataan tertulis yang salinannya dikirim ke redaksi middleeastmonitor. Ia menyampaikan, “Ada upaya baru yang sedang berproses untuk memulihkan dialog nasional sebelum mencapai rekonsiliasi. Upaya ini akan menjadi landasan untuk melawan pendudukan Israel dan menghadapi konspirasi yang bertujuan untuk menggembosi perjuangan Palestina.”

Dia menambahkan, “Kami saat ini melakukan banyak kontak internal dan eksternal untuk mendorong upaya ini agar berhasil dan melanjutkan langkah-langkah rekonsiliasi dengan Fatah dan faksi Palestina lainnya.”

Pemimpin tertinggi Hamas menegaskan, “Hamas bekerja untuk mencapai persatuan dengan merestrukturisasi institusi Palestina, termasuk Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) atau Otoritas Palestina (PA), berdasarkan kemitraan dan konsensus nasional dan sesuai dengan keinginan rakyat Palestina di dalamnya.””

Pembicaraan persatuan nasional baru-baru ini hampir selesai sebelum pengumuman kesepakatan rekonsiliasi nasional. Namun, PA, Fatah dan Presiden PLO Mahmoud Abbas mengumumkan pada 17 November 2020 bahwa pembicaraan keamanan dengan Israel telah dibuka kembali.

Semua faksi Palestina mengkritik langkah ini dan menuduh Abbas merusak upaya yang sedang berlangsung untuk mempersatukan Palestina. Sebuah kritik menyebutkan bahwa Mahmoud Abbas melemparkan dirinya ke pelukan Israel. (WST/RS/memo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 − one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.