Home Berita Internasional DPR RI Apresiasi Instore Promotion Indonesia di Mal Citystars Cairo

DPR RI Apresiasi Instore Promotion Indonesia di Mal Citystars Cairo

209
0
SHARE
Delegasi Anggota Komisi X DPR RI hadir di acara Instore Promotion yang diselenggarakan oleg KBRI Cairo di pusat perniagaan terbesar di jantung kota Cairo, Citystars Mall.

Wasathiyyah.com, Cairo - Di sela kunjungan kerja ke Mesir 26-31 Agustus 2019, Delegasi Anggota Komisi X DPR RI menyempatkan hadir pada kegiatan Instore Promotion yang diselenggarakan di salah satu pusat perniagaan terbesar di jantung kota Cairo, Citystars Mall.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP. mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh KBRI Cairo ini, dalam mempromosikan berbagai ragam produk Indonesia seperti kopi, teh, kakao, rempah-rempah, kelapa, mie instant, batok arang kelapa, kerajinan tangan, dan roda kendaraan. Sejalan dengan kegiatan Komisi X  yang membidangi pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda dan olahraga, dan perpustakaan, maka kegiatan promosi wisata Indonesia seperti Bali, Borobudur dan Raja Ampat yang juga diusung dalam Instore Promotion, mendapatkan sambutan positif dari delegasi yang berkunjung.

Hetifah mengungkapkan kekagumannya juga akan kopi Indonesia yang menguasai 70 persen pangsa pasar kopi di Mesir, khususnya jenis Robusta. Bukan hanya kopi, minyak sawit Indonesia pun menempati urutan pertama ekspor produk non migas Indonesia ke Mesir yang mencapai kurang lebih 600 juta US dolar.

Adapun benang Indonesia juga tergolong dalam lima besar produk yang diekspor ke Mesir, sehingga berpengaruh besar terhadap kemajuan industri pembuatan garmen di Mesir. Hal ini membuat decak kagum Ratih Sanggarwati, anggota delegasi Komisi X DPR RI yang juga turut hadir dan merupakan peragawati kenamaan Indonesia pada masanya.

Dalam kesempatan tersebut, Atase Perdagangan KBRI Cairo, Irman Adi Purwanto Moefthi, juga menjelaskan, pada beberapa obyek wisata di Mesir sangat mudah didapati kerajinan tangan Indonesia baik di kota wisata Hurghada, Laut Merah, Sharm Sheikh dan Dahab Sinai Selatan, serta di pusat peradaban Mesir, kota Luxor. “Para pelancong sangat suka desain kreatif produk kerajinan tangan Indonesia, natural tanpa bahan kimia, ditambah lagi dengan kemajuan media sosial sehingga produk-produk Indonesia makin dikenal dengan mutu kwalitasnya yang tinggi dan memiliki harga yang kompetitif” ungkap Irman bersemangat.

Irman menambahkan, di hari kedua ini sudah ada buyer yang datang khusus dari Provinsi Damietta yang serius mengimpor produk kopi spesial grade satu dari Indonesia. Menurut pengakuan Ahmed Belal, importir kopi Mesir tersebut, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan sajian kopi spesial di Mesir, budaya minum kopi di Mesir sudah mulai mengalami pergeseran, dari yang biasanya minum kopi sachet dan Turkish coffee, kini generasi milenial Mesir menyukai kopi special dengan racikan kopi yang khas, dan diprediksi budaya minum kopi ini akan terus meningkat.

Selain itu, ada pula permintaan produk komponen kendaraan roda empat dari salah satu calon buyer Cairo dengan potensi transaksi pembelian sebesar 100 juta pound Mesir atau senilai 6 juta US dolar. (WST/RS/UYE)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.