Home Berita Internasional Kaligrafi Arab Didaftarkan sebagai Warisan Takbenda UNESCO

Kaligrafi Arab Didaftarkan sebagai Warisan Takbenda UNESCO

377
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Riyadh – Kementerian Kebudayaan Saudi pada hari Minggu menyelenggarakan pertemuan lokakarya dan koordinasi untuk mendaftarkan kaligrafi Arab di Daftar Warisan Budaya Takbenda Warisan Budaya UNESCO di Riyadh.

Enam belas negara Arab berpartisipasi dalam pertemuan lima hari dalam kemitraan dengan Organisasi Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Liga Arab (ALECSO).

Langkah ini akan memperkuat kehadiran kaligrafi Arab di forum dan konferensi lokal dan internasional. Kementerian itu menugaskan Masyarakat Pelestarian Warisan Budaya Saudi (Saudi Heritage Preservation Society / SHPS) untuk pengelolaan file ini bekerja sama dengan Komite Nasional Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Saudi untuk menyerahkannya secara penuh kepada UNESCO pada bulan Maret mendatang.

Hattan bin Mounir bin Samman, sekretaris jenderal Komisi Nasional Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Saudi, mengatakan bahwa kaligrafi Arab memiliki nilai yang luar biasa karena sejarahnya yang panjang dan keunikannya sebagai salah satu aspek terkaya identitas budaya Arab dan Islam.

“Kaligrafi Arab telah – dan akan terus menjadi – fokus dan semangat para ahli, pemangku kepentingan dan mereka yang terlibat dalam urusan budaya, pendidikan dan sains, yang tertarik pada warisan manusia dan budaya,” katanya.

Abdulrahman Al-Eidan, direktur jenderal SHPS, mengatakan bahwa seni kaligrafi Arab adalah bahtera pengetahuan penting yang berisi budaya Arab dan berkontribusi untuk mewariskannya dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Al-Eidan mengatakan bahwa mendaftarkan kaligrafi Arab ke UNESCO melengkapi pengumuman menteri kebudayaan bahwa 2020 adalah tahun kaligrafi Arab. (WST/RS/arabnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.