Home Berita Timur Tengah Tawakal Saat Corona, Ini Penjelasan Grand Syaikh Al Azhar

Tawakal Saat Corona, Ini Penjelasan Grand Syaikh Al Azhar

277
0
SHARE
Grand Syaikh Al Azhar Al Syarif, Prof. Dr. Ahmad Al Thayyeb.

Wasathiyyah.com, Kairo – Grand Syaikh Al Azhar Al Syarif, Prof. Dr. Ahmad Al Thayyeb melalui portal Azhar.eg memberikan pencerahan mengenai sikap tawakal dikala menghadapi wabah Corona baru (Covid 19).

“Tawakal kepada Allah ketika menghadapi wabah Corona haruslah berpegangan pada pedoman ilmiah dan medis dari pihak yang mempunyai otoritas dalam melakukan upaya penanganan wabah ini. Dan, agama mendorong manusia untuk mentaati pedoman tersebut dan tidak berhak untuk melanggarnya,” ungkap beliau.

Grand Syaikh Ahmad Al Thayyeb menguatkan bahwa seseorang yang tawakal kepada Allah itu dibuktikan dengan mengamalkan sebab-sebab yang bisa mengantarkan dirinya pada keselamatan.

Sedangkan jika seseorang mengaku tawakal kepada Allah tapi dia tidak menempuh upaya yang bisa mengantarkannya pada keselamatan dari wabah ini, maka tawakalnya bertentangan dengan syariat. Dia itu tidaklah sedang tawakal kepada Allah melainkan sedang menuruti hawa nafsunya sendiri.

Grand Syaikh mengemukakan bahwa Allah Ta’ala memerintahkan seluruh nabi dan rasul serta orang-orang yang beriman untuk tawakal kepada-Nya,

وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

“Dan hanya kepada Allah orang-orang mukmin bertawakal.” (QS. Al Maidah [4] : 11)

Seorang hamba dikatakan tawakal kepada Allah jika dia berupaya menempuh jalan yang mengarah kepada keberhasilan. Meski dirinya menempuh upaya itu namun hatinya tetap berkeyakinan bahwa Allah-lah yang Maha Kuasa menentukan hasilnya.

Penjelasan Grand Syaikh Al Azhar ini dimaksudkan agar menjadi pegangan bagi seluruh umat Islam dalam menghadapi wabah Corona. Bahwa kita wajib tawakal kepada Allah dan mewujudkannya dengan mengikuti protokol dari pihak yang otoritatif dalam penanganan pandemi ini. (WST/RS/azhareg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.