Home Berita Internasional Tim OKI Bertemu Sekjen PBB di New York Tindaklanjuti Rohingya

Tim OKI Bertemu Sekjen PBB di New York Tindaklanjuti Rohingya

90
0
SHARE

Wasathiyyah.com, New York – Kelompok kontak Organisasi Kerjasama Islam (OKI), yang dipimpin oleh Arab Saudi, bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres di markas PBB di New York untuk membahas perkembangan terbaru terkait dengan etnis minoritas Muslim Rohingya di Myanmar.

Kelompok ini termasuk perwakilan dari Turki, Bangladesh, Malaysia, Indonesia dan Misi Pengamat OIC untuk PBB.

Perwakilan tetap Kerajaan Saudi untuk PBB, Abdallah Al-Mouallimi, memuji upaya Guterres untuk mendukung hak-hak sah Rohingya, menyoroti keputusan Pengadilan Internasional (ICJ) yang menuntut pemerintah Myanmar menghormati kewajibannya untuk memberikan perlindungan kepada warga Rohingya.

“Keputusan ICJ adalah hasil dari upaya yang dilakukan oleh negara-negara anggota OKI di New York dan Kelompok Kontak Muslim Rohingya di Myanmar yang dipimpin oleh Kerajaan,” katanya.

Upaya mereka mengkristal dalam resolusi Majelis Umum berjudul ‘Situasi hak asasi manusia Muslim Rohingya dan minoritas lainnya di Myanmar,’ yang diusulkan oleh Kerajaan untuk melindungi orang-orang Rohingya dan memberi mereka hak kewarganegaraan penuh.

Keputusan ini digunakan oleh Gambia untuk membawa kasus ini ke ICJ. Al-Mouallimi menekankan pentingnya mengerahkan upaya internasional tambahan sehubungan dengan keputusan ICJ untuk menekan pemerintah Myanmar dan mencegahnya dari pelanggaran terus menerus.

Ia berharap Guterres terus mendesak Dewan Keamanan untuk mengambil langkah-langkah praktis demi meringankan penderitaan rakyat Rohingya .

Guterres menyambut baik keputusan ICJ dan menggambarkannya sebagai momen bersejarah yang harus dihormati oleh pemerintah Myanmar.

“Ada konsensus mengenai masalah Rohingya dan pelanggaran serta pemindahan yang mereka hadapi. Saya akan terus membawa masalah ini ke hadapan Dewan Keamanan,” katanya. (WST/RS/arabnews)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight − three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.