Home Berita Internasional Pendiri Bank Syariah Pertama di Dunia Tutup Usia

Pendiri Bank Syariah Pertama di Dunia Tutup Usia

46
0
SHARE
Haj Saeed bin Ahmed Al Lootah.

Wasathiyyah.com, Dubai – Saeed Lootah, pengusaha sekaligus pendiri bank syariah pertama di dunia, meninggal dunia di Dubai pada usia 97 tahun.

Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum menyampaikan ucapan bela sungkawa atas wafatnya pendiri Dubai Islamic Bank itu.

Dilansir Khaleejtimes, Saeed Lootah yang lahir pada 1923 ini mendirikan Dubai Islamic Bank pada tahun 1975, sebuah bank yang menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam kegiatan keuangannya, sebagai alternatif dari bank konvensional bagi masyarakat.

Tidak hanya di sektor perbankan, Saeed Lootah juga aktif dalam dunia pendidikan. Ia mendirikan Sekolah Pendidikan Islam pada 1983 dan Sekolah Medis untuk Perempuan pada 1986.

Kepeduliannya pada dunia pendidikan sangat besar, tahun 1992 ia mendirikan Sekolah Tinggi Farmakologi pertama di Dubai. Tak lama kemudian, ia meluncurkan Pusat Penelitian Lingkungan dan Laboratoium Obat-obatan Herbal dan Pengobatan Islami.

Saeed Lootah juga mendirikan perusahaan konstruksi bersama saudaranya dengan bendera S.S.Lootah Contracting Company pada 1956.

Pengusaha yang bernama lengkap Haj Saeed bin Ahmad Al Lootah ini seorang pebisnis yang mengawali karir pengusahanya sebagai seorang pelaut. Ia kemudian mengembangkan diri sebagai seorang saudagar, penulis, ekonom, bankir, dan pemimpin komunitas-komunitas visioner.

“Saeed Lootah adalah seorang saudagar yang memulai usahanya dari nol. Sentuhannya terlihat dalam beberapa sektor ekonomi Dubai,” kenang Sheikh Mohammed bin Rashid.

Sheikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum, putra mahkota Dubai, turut memberikan penghormatan terakhir. “Dia (Lootah) menggabungkan kepemimpinan ekonomi dengan pekerjaan amal,” kenangnya. (WST/RS/CNN)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.