Home Berita Internasional 10 Tentara Mesir Tewas Dalam Serangan Bom di Sinai Utara

10 Tentara Mesir Tewas Dalam Serangan Bom di Sinai Utara

252
0
SHARE
Penjagaan diperketat di pos-pos pemeriksaan di kota Arish, Sinai Utara.

Wasathiyyah.com, Kairo – Sepuluh tentara Mesir termasuk seorang perwira tewas dalam serangan bom di kota Bir Al Abd, Sinai Utara. Satu orang dilaporkan terluka, ungkap juru bicara militer dalam sebuah pernyataan. Peristiwa terjadi pada Kamis (30/04), saat sebuah bom meledak di sebuah kendaraan lapis baja.

Juru bicara militer Mesir belum melaporkan siapa yang bertanggungjawab dalam ledakan itu. Namun, kawasan perbatasan di Sinai Utara merupakan basis pergerakan kelompok teroris yang loyal mendukung kelompok Islamic State.

Selama ini, Mesir terus memerangi kelompok teroris di bagian utara Semenanjung Sinai yang telah membunuh ratusan polisi dan tentara sejak digulingkannya mendiang Presiden Morsi pada 2013 menyusul protes massa yang menentang pemerintahannya.

Pada 16 Maret, Kementerian Dalam Negeri Mesir mengumumkan berhasil membunuh enam teroris di kota Abu Shilla, Sinai Utara. Pada 11 Februari 2020, 17 teroris tewas dalam baku tembak dengan pasukan polisi di distrik Obeidat di Arish, Sinai Utara.

Terbaru, pada 14 April kemarin seorang polisi Mesir dan tujuh tersangka gerilyawan tewas dalam baku tembak setelah kementerian dalam negeri menerima informasi tentang kemungkinan serangan Paskah terhadap orang Kristen Koptik. Kementerian menambahkan bahwa tiga polisi lainnya juga terluka akibat baku tembak itu.

Militer dan polisi melancarkan kampanye besar-besaran terhadap kelompok-kelompok teroris sejak tahun 2018, dengan fokus pada Semenanjung Sinai serta wilayah selatan dan perbatasan dengan Libya.

Selain berjibaku menghadapi potensi teror, saat ini juga tentara Mesir mengambil peran cukup besar dalam mengatasi penyebaran wabah Covid 19 di negara itu. Banyak jalan dan bangunan yang disterilisasi. Militer juga membantu pendistribusian alat kesehatan. (WST/RS/reuters/egypttoday)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.