Home Berita Nasional Webinar Pertama Alumni Al Azhar Puteri : Jadilah yang Terbaik di Bidang...

Webinar Pertama Alumni Al Azhar Puteri : Jadilah yang Terbaik di Bidang Masing-Masing

44
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Jakarta – Wasathiyyah Center bekerjasama dengan portal Wasathiyyah.com sukses menggelar webinar pertama alumni Al Azhar puteri pada Sabtu, 27 Juni 2020.

Webinar ini bertemakan, “Peran Azhariyah dalam Ranah Domestik, Karir, dan Aktifitas Sosial / Keagamaan untuk Menguatkan Wasathiyyah Islam”.

Bertindak sebagai keynote speaker Prof. Dr. Huzaemah Yanggo, MA. dan Dr. Yuli Yasin, MA. Serta menghadirkan pemantik Dr. fathriah Wardi, MA., Iffatul Umniyati, Lc. MA., Kuntum Khaira Ummah, Lc., dan Nova Fikrotushofiyah, Lc.

Acara dipandu oleh pembawa acara Ani Laily Khoironi, Lc. dan moderator Desi Hanara, Lc., LL,M.

Sejak acara dimulai suasana hangat sudah terasa karena selain untuk saling bertukar pengalaman dan semangat, pertemuan visual ini juga menjadi ajang ramah tamah antar sesama alumni Al Azhar puteri yang ketika di Mesir dahulu berada dalam satu naungan organisasi aktivisme yang sama, yaitu Wihdah.

Dalam sesinya, Prof. Huzaemah menyampaikan bahwa, “Sebenarnya banyak sekali alumni Wihdah yang berkiprah tapi tidak muncul di permukaan. Mengapa? Karena mereka sudah sibuk berkegiatan, berkhidmah untuk umat.”

Prof. Huzaemah mengingatkan bahwa alumni Al Azhar di tengah pandemi Covid 19 ini, PR bagi azhariyah semakin banyak. Selain berperan sebagai seorang ibu dan istri, Azhariyah tentunya akan menjadi tempat bertanya bagi masyarakat tentang persoalan kekinian.

Seperti pertanyaan-pertanyaan tentang shalat Id di tengah suasana pandemi, tentang pembayaran zakat bolehkan diawalkan, tentang penyembelihan hewan qurban dan lain sebagainya. Sehingga Azhariyah perlu untuk terus belajar agar menjadi bagi dari solusi untuk pertanyaan-pertanyaan umat.

Pada bagiannya, Dr. Yuli Yasin menekankan bahwa menjadi Azhariyah, pengalaman belajar di Al Azhar, institusi keislaman tertua dan terbesar di dunia, itu adalah kesempatan yang langka dan sangat berharga.

“Wanita, khususnya Azhariyah, memiliki kesempatan dan peluang yang sama dengan kaum pria dalam berbagi peran untuk amar ma’ruf nahi munkar, fastabiqul khairat, menjadi bagian dari dakwah,” terangnya.

Begitu banyak lini kehidupan yang memerlukan sentuhan dan sudut pandang wanita, baik dalam sektor pendidikan, ekonomi, kebudayaan, sosial, bahkan politik. Keterwakilan perempuan selalu diperlukan. Karena banyak hal yang tidak terpikirkan laki-laki, tapi bisa terpikirkan oleh perempuan, katanya.

Dr. Yuli menegaskan bahwa dimanapun Azhariyah berkiprah, baik memfokuskan diri di ranah domestik sebagai istri dan ibu rumah tangga, maupun di ranah publik, jadilah yang terbaik.

Webinar kali ini adalah yang pertama kali digelar untuk skup dari dan untuk alumni Al Azhar putri. Rencananya, webinar serupa akan digelar secara berkala dengan topik tematik. (WST/RS)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.