Home Berita Nasional Jadi Anggota DK PBB, Indonesia Diminta Bersikap Soal India

Jadi Anggota DK PBB, Indonesia Diminta Bersikap Soal India

148
0
SHARE
Anggota komisi I DRP RI, Sukamta. (Foto : Parlementaria)

Wasathiyyah.com, Jakarta – Mengingat Indonesia menjadi anggota Dewan Keamanan (DK) PBB, maka anggota komisi I DRP RI, Sukamta, meminta pemerintah Indonesia bersikap atas kekerasan berlatarbelakang agama yang terjadi di India.

Bentrokan yang terjadi di antara dua kelompok yang pro dan kontra UU Amandemen Kewarganegaraan (Citizenship Amendment Act/CAA) di India mengakibatkan munculnya kekerasan terhadap kaum minoritas muslim di India oleh kelompok ekstrim Hindu.

“Akibatnya 20 orang tewas, 189 orang lainnya terluka, dengan 60 korban luka tembak. Masjid tempat ibadah kaum muslimin serta toko-toko disekitarnya dibakar oleh orang-orang yang menolak perbedaan,” kata Sukamta.

Sukamta menegaskan atas nama kemanusiaan dan HAM, rakyat dan pemerintah Indonesia harus mengambil sikap dan tindakan atas kekerasan agama di India. Sukamta menilai pemerintah India telah melakukan pelanggaran terhadap Resolusi Dewan HAM PBB 16/18 tentang Memerangi Intoleransi dan Diskriminasi.

Sebagai negara yang sudah maju dan hal menjunjung tinggi HAM dan berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia, maka Indonesia perlu mengambil sikap atas kekerasan yang terjadi di India.

“Indonesia yang memiliki posisi strategis sebagai anggota Dewan HAM PBB di Jenewa sekaligus sebagai anggota Dewan Keamanan PBB, harus ikut serta dalam usaha pencapaian misi perdamaian dunia,” terangnya.

Bagaimana Indonesia bisa bersikap? Sukamta, legislator PKS asal Yogyakarta ini, memberikan penjelasan bahwa Indonesia bisa memanggil Duta Besar India untuk Indonesia. Indonesia juga bisa membawa permasalahan ini ke PBB.

Sedangkan rakyat Indonesia bisa merespon dengan menunjukkan kepedulian atas nasib saudaranya yang sedang tertindas di India, memboikot film India sebagai salah satu industri yang menopang perekonomian India. (WST/RS/republika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + 15 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.