Home Berita Nasional Bicara Moderasi dan Toleransi, Menteri Agama Buka Rakernas Kemenag

Bicara Moderasi dan Toleransi, Menteri Agama Buka Rakernas Kemenag

400
0
SHARE
Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan sambutan pada pembukaan Rakernas Kemenag di Jakarta, Rabu (29/1/2020)

Wasathiyyah.com, Jakarta — Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) tahun 2020. Saat menyampaikan sambutan pembukaan Rakernas, Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan soal sikap moderat dan toleransi.

Rakernas Kemenag dilaksanakan di Hotel Redtop Jakarta, pada tanggal 29-31 Januari 2020 dengan mengusung tema “Moderasi Beragama, Umat Rukun, Indonesia Maju”.

Menteri Fachrul menceritakan pengalamannya saat bertemu dengan Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UAE) Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

“Mohammed bin Zayed bilang, Jenderal kalau anda tidak toleran mengembangkan toleransi enggak mungkin anda bisa maju, kami juga punya objek wisata yang sangat banyak tapi tidak akan ada yang mau datang kalau anda tidak menunjukkan kedamaian dan toleransi yang tinggi. Kenapa, sebagian besar dari wisatawan yang datang itu nonmuslim, dan Islam mengajarkan soal toleransi,” kata Menag menirukan ucapan Mohammed bin Zayed, Rabu (29/1/2020).

Menag melanjutkan, Putra Mahkota juga menyebutkan bahwa setiap tahun wisatawan mancanegara yang datang ke Uni Emirat Arab sebanyak 14 juta.

“Kata beliau (Mohammed bin Zayed, red) enggak perlu teriak-teriak dakwah tentang Islam, anda menunjukkan Islam yang damai dan toleran, anda tahu di Emirat Arab setiap Ramadhan seribu orang masuk Islam,” ungkapnya.

Menurut Menag, dakwah Islam yang paling betul adalah mendakwahkan kedamaian dan toleransi.

“Niscaya orang akan berbondong-bondong masuk Islam,” tukas mantan Wakil Panglima TNI itu.

Pada Rakernas juga akan diberikan sejumlah penghargaan kepada unit-unit kerja dan individu yang dinilai memiliki prestasi, seperti Satuan Kerja Berpredikat WBK Tahun 2019, Pimpinan Satker Inspiratif Dan Inovatif, Duta Akrual Teladan, Duta BMN Teladan, Satuan Kerja Pengelola Website dan Jaringan Terbaik, serta Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Baik. (WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.