Home Berita Nasional Ini Saran Ketum PP Muhammadiyah kepada Dubes Cina

Ini Saran Ketum PP Muhammadiyah kepada Dubes Cina

224
0
SHARE
Haedar Nashir

Wasathiyyah.com, Jakarta — Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir menyarankan agar pemerintah Cina menjadikan Provinsi Xinjiang sebagai tempat terbuka yang dapat dikunjungi masyarakat internasional.

Hal itu ia utarakan saat menerima kunjungan Duta Besar Cina untuk Indonesia Xiao Qian.

“Kami memberi masukan lewat bapak Dubes (Xiao Qian) agar pemerintah Cina selain memberi penjelasan terbuka, juga harus menjadikan provinsi Xinjiang itu sebagai tempat terbuka untuk diketahui, dan orang-orang bisa berkunjung ke sana. Dengan keterbukaan itu bisa diketahui apa yang terjadi sebenarnya,” ujar Haedar di Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Menanggapi hal itu, Dubes Xiao Qian menyampaikan, provinsi Xinjiang di Cina merupakan wilayah terbuka yang dapat dikunjungi oleh siapa pun.

Dia mengklaim, situasi sebenarnya di Provinsi Xinjiang cukup baik dari segi politik dan sosial. Berbagai suku, kata dia, termasuk Uighur menikmati kebebasan beragama.

“Ini memang soal pandangan masyarakat Indonesia terhadap isu-isu tersebut. Siapa saja bisa ke sana (Xinjiang), tidak ada masalah pembatasan. Beberapa tahun lalu, pada 2016, Ketua Umum PP Muhammadiyah juga sempat berkunjung ke Xinjiang,” ucap Dubes Xiao Qian.

Dia pun menyebutkan bahwa Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun pun sedang berkunjung ke provinsi Xinjiang.

Terkait dengan laporan dari berbagai pihak soal kamp-kamp reedukasi di Xinjiang, Dubes Xiao Qian menjelaskan bahwa pemerintah China hanya mendirikan lembaga-lembaga pendidikan dan pelatihan bagi warga yang berpotensi terpapar ekstremisme.

“Yang disebut-sebut sebagai ‘re-education camp’, nama aslinya sebenarnya Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Vokasional. Karena banyak masalah di sana, pemerintah daerah otonomi Uighur Xinjiang membuka lembaga pendidikan dan pelatihan vokasional itu,” ujarnya.(WST/YN/Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.