Home Berita Nasional Saudi Tutup Sementara Umrah, Indonesia Sampaikan Empat Sikap Resmi

Saudi Tutup Sementara Umrah, Indonesia Sampaikan Empat Sikap Resmi

177
0
SHARE
Menko PMK, Muhadjir Effendy didampingi Menlu Retno Marsudi, Menag Fachrul Razi, dan Menhub Budi Karya, saat menyampaikan sikap Pemerintah Indonesia terkait kebijakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. (Foto: Kemenag)

Wasathiyyah.com, Jakarta – Guna mengantisipasi penyebaran virus Covid 19, pemerintah Arab Saudi menutup sementara pelaksanaan ibadah umrah dan ziarah sejak Kamis (27/02).

Menyikapi kebijakan Saudi ini, pemerintah Indonesia segera melakukan Rapat Koordinasi Terbatas yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhajir Effendy pada Kamis (27/02).

Usai rapat, Menko PMK menyampaikan empat sikap resmi pemerintah atas kebijakan Arab Saudi tersebut, yaitu :

Pertama, Indonesia memahami kebijakan pemerintan Arab Saudi menghentikan sementara pelaksanaan umrah dan ziarah.

Kedua, Indonesia memahami keputusan Arab Saudi diambil berdasarkan kepentingan umat yang lebih besar.

Ketiga, pemerintah Indonesia telah melobi pemerintah Arab Saudi untuk mengizinkan jamaah Indonesia yang telah berada di Arab Saudi untuk melanjutkan ibadah umrah.

Keempat, pemerintah Indonesia akan mengadakan rapat koordinasi lanjutan dengan tujuan melindungi semaksimal mungkin kepentingan calon jamaah terutama yang berkaitan dengan biro perjalanan, maskapai penerbangan, akomodasi, hotel maupun visa.

Kamis kemarin, pemerintah Arab Saudi telah melakukan tindakan pencegahan proaktif atas merebaknya virus Corona atau Covid 19 salah satunya dengan mengeluarkan kebijakan penutupan sementara ibadah umrah.

Arab Saudi juga menutup sementara jalur wisata khususnya dari negara-negara yang penyebaran virus Covid 19 nya terkategori berbahaya.

Pemerintah Arab Saudi juga mengeluarkan larangan bepergian dari dan keluar Arab Saudi bagi warganya. Kecuali bagi warganya yang sedang berada di luar negeri dan hendak kembali ke Saudi atau warga negara asing yang sedang berada di Saudi dan hendak kembali ke negaranya, hanya saja harus melalui proses tertentu. (WST/RS/antara)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen + 10 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.