Home Berita Nasional Bambang Suryadi Diangkat Jadi Guru Besar dan Atdikbud KBRI Kairo

Bambang Suryadi Diangkat Jadi Guru Besar dan Atdikbud KBRI Kairo

270
0
SHARE
Bambang Suryadi

Wasathiyyah.com, Jakarta — Guru besar memiliki peran strategis dalam dunia perguruan tinggi karena menjadi harapan masyarakat dalam mengembangkan kehidupan dan peradaban. Gelar guru besar adalah level tertinggi jabatan fungsional yang harus dicapai setiap dosen dengan penuh perjuangan dan ketekunan. Gelar itulah yang kini diraih oleh salah satu dosen Fakultas Psikologi UIN Jakarta yang kini ditugaskan sebagai atase pendidikan di KBRI Cairo Mesir.

Prof. Bambang Suryadi Ph.D menambah jumlah guru besar di Fakultas Psikologi UIN Jakarta yang sebelumnya berjumlah 2 orang yaitu Prof. Dr. Komarudin Hidayat, MA di bidang Filsafat Islam dan Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag, M.Si.di bidang Psikologi Islam. Sedangkan  Prof. Bambang Suryadi Ph.D diangkat sebagai guru besar dalam bidang Psikologi Pendidikan dan Konseling sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 10 Agustus 2020.

Pria kelahiran Sragen 29 Mei 1970 yang dikenal produktif dalam menulis karya ilmiah ini  menyelesaikan pendidikan S1 di Institut Islam Darussalam (sekarang Universitas Islam Gontor Ponorogo), S2 di Universitas Antarbangsa Malaysia dan S3 di Universitas Malaya. Prof. Bambang Suryadi memiliki banyak pengalaman dalam berbagai bidang pekerjaan, baik di dalam kampus UIN Jakarta maupun di luar kampus. Di lingkungan UIN Jakarta, Prof. Bambang Suryadi pernah dipercaya menjadi sekretaris LPM di zaman rektor Azyumardi Azra, Wadek 2 di masa Jahja Umar Ph.D sebagai dekan Fakultas Psikologi, dan Wadek 1 di masa Dr. Zahrotun Nihayah, M.Si. Sedangkan di luar kampus, ia pernah dipercaya menjadi asisten ahli BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan), lalu menjadi salah satu Presidium BSNP.

Saat menjadi wadek 1 Fakultas Psikologi, Prof. Bambang bersama tim jurnal telah berhasil mengantar dua jurnal yang dikelola Fakultas Psikologi UIN Jakarta, yaitu Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan (JP3I) dan Jurnal Tazkiya of Psychology meraih sinta 3 dan sinta 4. Dalam kapasitasnya sebagai wadek 1, Prof. Bambang Suryadi juga telah berhasil mengantar Prodi Magister dalam  mempertahankan capaian akreditasi yang telah dicapai sebelumnya.

Prof. Bambang Suryadi benar-benar mendapatkan berkah dan keberuntungan yang luar biasa karena sebelum berangkat ke Kairo bersama keluarganya sebagai atase pendidikan dan kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Mesir, Surat Keputusan Menteri terkait pengangkatannya sebagai guru besar di bidang ilmu psikologi pendidikan dan konseling di UIN Jakarta telah dikeluarkan pada tanggal 10 Agustus 2010.

Penugasan Prof. Bambang sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI oleh negara berpengaruh terhadap perubahan struktur kepemimpinan di Fakultas Psikologi. Prof. Bambang PhD yang sebelumnya menempati posisi Wakil Dekan bidang Akademik diganti oleh Yufi Adriani, PhD yang sebelumnya menempati Wakil Dekan bidang Keuangan dan Adminisrasi Umum. Posisi Wadek 2 kemudian diganti oleh Dr. Gazi, M.Si yang sebelumnya menjabat sebagai Karpodi Prodi Magister. Sedangkan Dr. Natris Idriyani, M.Si yang menjabat Sekretaris Prodi dipromosikan sebagai Ketua Prodi Magister, dan Miftahuddin M.Si menempati posisi sekretaris prodi magister yang sebelumnya berada dalam posisi dosen lektor.

Selamat bertugas Prof. Bambang Suryadi Ph.D sebagai atase pendidikan dan kebudayaan di KBRI Kairo Mesir. Selamat bertugas juga untuk pimpinan Fakultas Psikologi yang baru. Semoga lancar dan sukses dalam menjalankan amanah. (WST/YN/psikologi.uinjkt.ac.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four + three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.