Home Berita Nasional Stafsus Menag Gus Ubaid, Perlu Komunikasi Efektif

Stafsus Menag Gus Ubaid, Perlu Komunikasi Efektif

291
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Depok – Kemenag itu ibarat baju putih. Manakala ada sedikit noda, maka akan terlihat jelas. Pernyataan Menteri Agama Jenderal (Purn) Fachrul Razi ini diungkap kembali oleh staff khususnya Ubaidillah Amin Moech dalam acara Rapat Koordinasi Kehumasan Bidang Pengawasan oleh Inspektorat Jenderal Kemenag di Hotel Santika, Depok, Jawa Barat, dimulai kemaren (Senin, 24/02) dan berakhir besok (Rabu, 26/2).

Menurut Gus Ubaid — panggilan akrab Ubaidillah Amin, bahwa Kehumasan memiliki peran penting dalam meradam isu negatif di media. Di sinilah perlu komunikasi yang baik, sehingga tidak memunculkan masalah.

“Humas birokrasi harus mampu meredam isu negatif yang ada di media,” kata Gus Ubaid saat menyampaikan materi Refleksi Peran Kehumasan: Resolusi Konflik Manajemen Informasi dan Media Sosial.

Menurut Staff khusus Bidang Hubungan Antar Organisasi Kemasyarakatan Sosial Keagamaan dan Komunikasi Publik itu, konflik sebenarnya alamiah dan keniscayaan. Hanya saja, perlu cara mengelola konflik ini dengan cara yang baik ini, inilah manajemen konflik.

“Konflik itu, suatu hal yang lumrah. Cuma, kita harus melakukan manajemen konflik. Lagi-lagi kita butuh komunikasi efektif,” tegas alumnus Universitas Al-Azhar Mesir itu.

Gus Ubaid menambahkan bahwa informasi yang viral di medsos, tidak jarang menjadi konflik dunia nyata. Semua orang kini seolah mudah tersulut emosi via medsos, karena bersifat personal dan real time.

“Medsos bukan untuk dihindari, tapi dikelola dengan baik,” ujarnya mengingatkan.

Kegiatan Rakor diikuti 100 peserta. Dengan rincian Kasubbag Umum dan Humas, satu pelaksana Humas Kanwil Kemenag se-Indonesia, serta ditambah tim auditor Itjen Kemenag RI. (WST/YNF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.