Home Berita Nasional Cawapres Jokowi Mengerucut Satu Nama, Inikah Orangnya?

Cawapres Jokowi Mengerucut Satu Nama, Inikah Orangnya?

348
0
SHARE
Presiden Joko Widodo dan Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB)

Wasyatiyyah.com, Jakarta–Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu enam ketua umum parpol koalisi pendukungnya di Istana Bogor, Senin (23/7/2018) malam.

Enam ketua umum tersebut yakni Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum Partai NasDem Surya Paloh, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PPP Romahurmuziy, Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum Hanura Oesman Sapta Odang.

Seperti diakui Airlangga, pembicaraan Jokowi dengan Ketum parpol koalisinya membahas soal calon wakil presiden (Cawapres).

“Tadi kita bahas untuk kesepakatan bulat untuk Cawapres,” kata Airlangga seusai pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (23/7/2018).

Airlangga pun memastikan semua partai pendukung telah menyepakati satu nama cawapres yang akan dipilih Jokowi. Suara partai koalisi sudah bulat. (Baca juga: Betulkah TGB dan UAS Pecah Kongsi?)

“Semua sudah menyepakati bahwa mekanismenya diserahkan kepada Presiden dan disepakati juga bahwa waktu dan titelnya juga nanti Pak Presiden akan sampaikan. Jadi semua sudah sepakat. Yang jelas sudah bulat,” papar Airlangga lagi.

Jika benar Jokowi telah mengantongi satu nama final cawapresnya, berarti ia memangkas empat bakal cawapres lain yang sebelumnya telah ditetapkan. TGB, seperti pernah diakui Jokowi, masuk di antara lima bakal cawapres yang ada di kantongnya. (Baca juga: Rakornas OIAA Indonesia, Hormati Ijtihad Politik TGB)

TGB pernah ikut menghadiri Kuliah Umum Presiden Joko Widodo pada Angkatan Kedya Pendidikan Akademi Bela Negara Partai Nasdem, di Pancoran, Jakarta, Senin (16/7/2018). Seusai kuliah umum itu, Jokowi mengakui nama Mahfud MD, Tuan Guru Bajang Zainul Majdi, dan Airlangga Hartarto di antara nama bakal cawapres yang digodok oleh parpol koalisi.

Jokowi pun mengakui melakukan perbincangan khusus dengan ketiga nama itu. Kendati demikian, ia enggan menjelaskan lebih lanjut terkait perbincangannya dengan TGB.

“Bicara banyak, nanti tanyakan langsung saja ke TGB, jangan ke saya,” ujar Jokowi.(WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.