Home Berita Nasional Sidang Itsbat dengan Protokol Covid 19, Kemenag Tetapkan Idul Fitri Hari Minggu...

Sidang Itsbat dengan Protokol Covid 19, Kemenag Tetapkan Idul Fitri Hari Minggu 24 Mei

44
0
SHARE
Menteri Agama Fachrul Razi pada sidang isbat penetapan 1 Ramadhan 1441 H di kantor Kemenag, Jumat (22/05). (Foto:Hidayatullah)

Wasathiyyah.com, Jakarta – Kementerian Agama RI telah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H bertepatan dengan hari Minggu 24 Mei 2020 M. Ketetapan ini diputuskan pada sidang Itsbat yang digelar oleh Kemenag pada Jumat petang (22/05).

“Semua melaporkan tidak melihat hilal (bulan baru). Oleh karena, metode hisab posisi hilal di bawah ufuk dan laporan perukyat tidak melihat hilal maka sidang isbat secara bulat menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020,” kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam telekonferensi persnya di Jakarta, Jumat.

Sidang Itsbat digelar oleh Kemenag RI secara telekonferens dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19. Sehingga sidang dihadiri secara langsung hanya oleh beberapa orang tamu undangan saja. Sementara unsur ormas Islam hadir melalui aplikasi pertemuan daring.

Pembatasan juga diberlakukan bagi insan media yang meliput sidang Itsbat ini. Mereka tidak dapat menghadiri secara langsung, akan tetapi dapat meliput melalui stasiun televisi yang ditunjuk secara resmi dan lewat media sosial Kemenag RI.

Berdasar informasi dari pakar astronomi Tim Falakiyah Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya, bahwa terdapat 80 titik pantau hilal yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia. (WST/RS/antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.