Home Berita Nasional Muchlis M. Hanafi Dampingi Menag Delegasi Amirul Hajj 2019

Muchlis M. Hanafi Dampingi Menag Delegasi Amirul Hajj 2019

279
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Jakarta–Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan kepercayaan kepada Muchlis M. Hanafi sebagai sekretaris Amirul Hajj. Hal ini disampaikan Menag saat memimpin Rapat Delegasi Amirul Hajj dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji 1440H/2019M, di Kantor Kementerian Agama Jakarta, Senin (15/07).

Menag sebagai Amirul Hajj, didampingi anggota delegasi yang berjumlah 13 orang, terdiri dari dua orang naib (wakil), satu sekretaris, delapan anggota, dan dua tim sekretariat. Mereka merupakan perwakilan dari ormas-ormas Islam.

Muchlis menjelaskan bahwa penunjukkan Amirul Hajj sesuai dengan Taklimatul Hajj yang dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Setiap negara harus menetapkan Ketua Misi Haji yang bertanggung jawab pada setiap negara yang kemudian dikenal dengan Amirul Hajj. Beberapa tahun terakhir, Presiden Jokowi menetapkan Menag sebagai Amirul Hajj.

Saat dihubungi kru Portal Wasathiyyah, Muchlis mengungkapkan rasa syukur kepada Allah dan berkomitmen untuk melayani tamu-tamu Allah semaksimal dan seoptimal mungkin.

“Saya bersyukur mendapat kepercayaan dari Menteri Agama untuk mendampingi beliau sebagai Sekretaris Delegasi Misi Haji Indonesia tahun 2019, atau yang biasa disebut delegasi Amirul Hajj.
Sebagai bentuk rasa syukur, saya akan menjalankan amanah ini dengan sebaik mungkin,” kata Muchlis, doktor alumnus Universitas Al-Azhar Mesir dan sekarang menjadi Sekretaris Jenderal Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) cabang Indonesia.

Sebagai alumni Al-Azhar, Muchlis mendampingi Menag dalam delegasi Amirul Hajj, sangat tepat. Sebab, sejak menjadi mahasiswa beliau sudah melayani jama’ah Indonesia dalam melaksanakan haji. Ini terbukti tahun 2000 dan 2003, Muchlis terpilih menjadi tenaga musiman (Temus) dari Mesir. Ditambah tahun 2013, beliau menjadi Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

“Pengalaman saya temus dan PPIH, menjadi modal saya dalam bekerja. Tentu saja sambil memohon ma’unah dari Allah, sebab yang kita layani adalah tamu-tamu Allah,” ujar ketua Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ), sebuah Unit Pelaksana Teknis Badan Penelitian dan Pengembangan serta Pendidikan dan Pelatihan, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Muchlis juga menyampaikan susunan Delegasi Amirul Hajj Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1440H/2019M, yaitu Amirul Hajj: Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama), Naib Amirul Hajj: A. Bunyamin Ruhiyat (PB NU) dan M. Busyro Muqaddas (Muhammadiyah); Anggota: Hamid Balfas (Al Irsyad Al Islamiyah), Yusnar Yusuf Rangkuti (Al Washliyah), Imam Addaruqutni (DMI), Hamzah Harun Al Rasyid (UIN Alauddin Makassar), Rofiqul Umam Noeril Huda (MUI), Umar Al Haddad (Rabithah al Alawiyah), Ali Machfudon Abdillah (JATMAN), dan Pattiselano Roberth Johan (Kemenkes); dan Staf Sekretariat: Ahmad Zayadi (Kemenag) dan Khoirul Huda Basyir (Kemenag).

Dalam rapat Delegasi Amirul Hajj itu, juga hadir Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali, Direktur Bina Haji Khoirizi, Sekretaris Ditjen PHU Ramadhan Harisman, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim, dan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis.

Rombongan delegasi rencananya akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 30 Juli 2019. Dan akan kembali ke tanah air pada 18 Agustus 2019.

“Insya Allah kita akan berangkat 30 Juli dan pulang 18 Agustus tahun ini,” pungkas Muchlis. (WST/YNF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.