Home Berita Nasional Gus Sholah Sukses Jalani Operasi Ablasi Jantung

Gus Sholah Sukses Jalani Operasi Ablasi Jantung

260
0
SHARE
Salahuddin Wahid

Wasathiyyah.com, Jombang — Operasi ablasi jantung Pengasuh Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur KH Salahudin Wahid atau Gus Sholah berjalan lancar. Cucu KH M Hasyim Asy’ari ini kini sudah diperbolehkan pulang ke kediaman pribadinya.

Kepastian ini diungkapkan oleh putra KH Salahuddin yang bernama Gus Iqbal Billy Wahid. “Alhamdulillah tindakan ablasi berjalan baik dan lancar,” jelas Gus Billy, Kamis (16/1/2020).

Dikatakannya, proses ablasi berjalan sukses sesuai rencana sehingga Kiai Salahuddin Wahid bisa lebih cepat kembali ke rumah. Saat ini KH Salahuddin menjalani perawatan di rumah pribadinya.

Kiai Salahuddin menjalani ablasi jantung. Adik kandung dari presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini menjalani perawatan di rumah sakit setelah mengalami kondisi detak jantung yang tidak beraturan. Penyebabnya karena ada gangguan di sistem listrik yang mempengaruhi gangguan pada irama jantung alias aritmia. Masalah ini bisa diatasi dengan berbagai cara dan salah satunya yaitu ablasi.

Secara teknis saat jantung berdetak, sistem listrik jantung harus mengikutinya agar fungsi kerja jantung maksimal. Ketika listriknya tak bisa normal maka lewat dokter ahli jantung akan menancapkan jarum dan selang kateter serta X-ray di leher atau lengan atas yang mana ditujukan ke jantung. Fungsinya men-support asupan listrik untuk merangsang fungsi kerja jantung.

Energi listrik nanti akan memicu luka di jaringan jantung namun merangsang detak jantung kembali normal.

“Lebih cepat dari yang diperkirakan sehingga kemarin sudah boleh kembali ke rumah,” pungkasnya.

Gus Iqbal mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendoakan dan men-support proses operasi ablasi jantung sang ayah.

Gus Iqbal kali ini berbicara mewakili keluarga besar Pondok Pesantren Tebuireng dalam menyampaikan informasi terbaru terkait Kiai Salahuddin untuk disampaikan kepada masyarakat luas agar tak terjadi kesimpang siuran informasi.

Ucapan terimakasih terkhusus disampaikannya kepada pejabat negara seperti Presiden RI Ir Joko Widodo, Mentri Dalam Negri Tito Karnavian, Mentri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Dua mentri tersebut datang langsung ke rumah sakit untuk memberikan dukungan moral. Sementara Jokowi, karena baru pulang dari luar negeri, ia mengirim bunga untuk tokoh Nahdliyin ini.

Ucapan serupa juga dihaturkannya kepada Direksi Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta, tim dokter, kiai-kiai, seluruh kaum Nahdliyin dan masyarakat umum yang telah mendoakan kesembuhan Kiai Salahuddin Wahid. Kiai Salahuddin tiba di RS Jantung Harapan Kita, Senin (13/1/2020).

“Keluarga besar Pesantren Tebuireng mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden RI, Mendagri, Menkes, tim dokter, Direksi RS serta para kiai dan Nahdliyin atas semua perhatian dan doa untuk kesembuhan Kiai Salahuddin Wahid,” tutupnya. (WST/YN/nu.or.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.