Home Berita Internasional 35 Ribu Euro dari Uni Eropa untuk Pengungsi Rohingya di Aceh

35 Ribu Euro dari Uni Eropa untuk Pengungsi Rohingya di Aceh

53
0
SHARE
(Gambar : antara)

Wasathiyyah.com, Jakarta – Uni Eropa akan mengucurkan bantuan sebesar 35.000 Euro atau sekitar 573 juta Rupiah untuk 99 orang pengungsi Rohingya yang telah diselamatkan dan diizinkan menepi di pantai Seunudon, Aceh Utara, setelah lebih dari 120 hari terapung di lautan.

Bantuan tersebut akan disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) dan diperuntukan untuk pengadaan air bersih, fasilitas sanitasi, kesehatan, dukungan psikososial, perlengkapan kebersihan, pelindung diri dan perlengkapan istirahat.

Selain mendistribusikan bantuan itu, PMI juga akan bergerak untuk mensosialisasikan kebersihan dengan fokus mengantisipasi Covid 19 dan demam berdarah. Dana bantuan tersebut juga akan dialokasikan untuk memulihkan kontar antar anggota keluarga yang terpisah.

Dana kemanusiaan ini merupakan bagian dari kontribusi Uni Eropa untuk Dana Darurat Penanggulangan Bencana (Disaster Relief Emergency Fund / DREF) yang dikelola oleh Federasi Internasional Masyarakat Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies / IFRC).

Untuk menghindari kekerasan di Myanmar, para pengungsi Rohingya berpencar meninggalkan negerinya menuju negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Pandemi Covid 19 telah memperburuk situasi karena banyak negara menutup perbatasan mereka sehingga para pengungsi ini terombang ambing di lautan. Sebagian tenggelam.

Pengungsi asal Negara Bagian Rakhine di Myanmar, yang berhasil diselamatkan di pantai Aceh Utara saat ini telah dipindahkan dari penampungan sementara di gedung lama imigrasi Lhokseumawe ke Gedung Balai Latihan Kerja Lhokseumawe yang menjadi tempat penampungan baru bagi mereka. (WST/RS/antara)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.