Home Berita Nasional Menag: Kita Berbeda Supaya Saling Kenal

Menag: Kita Berbeda Supaya Saling Kenal

177
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Surabaya – Allah telah menciptakan manusia dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Allah jadikan jadikan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar manusia saling mengenal. Hal ini disampaikan oleh Menteri Agama Fachrul Razi di hadapan jemaat Kristiani hari ini (Kamis, 13/2) di Gereja Sakramen Mahakudus Surabaya.

Dalam kunjungan kerja Menteri Agama ini, beliau menekan untuk saling mengenal. Laki-laki dan perempuan, dua hal yang berbeda. Namun perbedaan ini bukan untuk saling menegasikan, melainkan untuk saling mengenal, dan akhirnya saling melengkapi. Begitu juga perbedaan antar bangsa, suku, dan agama. Semua perbedaan untuk saling mengenal.

“Kalau saya cuplik sedikit, dalam Quran, Tuhan sengaja menciptakan manusia berbeda-beda, supaya saling kenal satu sama lainnya, atau dalam Bahasa Quran, lita’aarafu,” ujar Menteri Agama.

Dengan saling kenal itu, kata Fachrul Razi, terbangun ikatan kebangsaan, persatuan dan kesatuan. Kesolidan anak bangsa ini, menjadi modal untuk membangun bangsa lebih maju. Sebaliknya, saling memusuhi, konflik, dan cerai-berai, membuat bangsa lemah, bahkan hancur.

Fachrul Razi juga berbicara tentang toleransi dan kerukunan, atau moderasi beragama. Menurutnya, moderasi beragama ini bukan memoderatkan agama, melainkan cara beragama, terutama dalam berintraksi dengan antara umat beragama yang berbeda-beda. Semua agama mengajarkan toleransi, saling menghormati antar pemeluk agama.

“Semua agama mengajarkan toleransi, saling menghormati antar pemeluk agama, untuk saling menghormati, kita harus saling mengenal dan memahami,” Imbuh Fachrul Razi. (WST/YNF).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.