Home Berita Nasional Menyoal Terowongan Silaturahim Istiqlal – Katedral, MUI : Itu Tidak Mendesak

Menyoal Terowongan Silaturahim Istiqlal – Katedral, MUI : Itu Tidak Mendesak

575
0
SHARE
Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral yang berdampingan di Jakarta.

Wasathiyyah.com, Jakarta – Masjid Istiqlal sedang dalam proses renovasi pada beberapa bagiannya. Salah satu bagian yang akan ditambahi di masjid Istiqlal adalah sebuah terowongan yang akan menghubungkannya dengan gereja Katedral.

Terowongan ini dinamai terowongan silaturaim. Ide ini sudah direstui Pesiden Joko Widodo.

Namun, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Muhyiddin Junaidi menyatakan bahwa pembangunan terowongan tersebut tidak mendesak. Menurut dia, umat Islam dan umat Kristen sudah saling menjaga nilai-nilai toleransi meski tanpa kehadiran terowongan itu.

“Kalau saya melihatnya tidak terlalu urgen membangun terowongan itu antara masjid Istiqlal dengan Katedral,” ujar Kiai Muhyiddin saat ditemui Republika.co.id di Kantor MUI Pusat, Jakarta, Senin (11/2).

Pembangunan terowongan ini bertujuan untuk mempermudah mobilisasi jamaah dari Istiqlal ke Katedral. Karena selama ini umat Islam ataupun umat Kristen kerap berbagi lahan untuk memarkir kendaraannya.

Menurut Kiai Muhyiddin, pembangunan terowongan silaturrahim tersebut mungkin juga untuk memperlihatkan toleransi beragama di Indonesia. Namun, menurut dia, tanpa diperlihatkan pun semua orang sudah mengetahui umat beragama Indonesia selalu menjaga toleransi.

“Dari sisi muamalah itu tidak ada masalah, tapi tanpa ada terowongan pun kita sudah terkenal bahwa kita menjaga nilai-nilai toleransi,” ucapnya.

Rencananya, pembangunan terowongan akan sejalan dengan penyelesaian renovasi besar-besaran yang dilakukan di kompleks masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut.

“Ada usulan dibuat terowongan dari Masjid Istiqlal ke Katedral. Tadi sudah saya setujui. Ini menjadi terowongan silaturahim. Tidak kelihatan berseberangan tapi (terjalin) silaturahim,” jelas Jokowi di kompleks Masjid Istiqlal, Jumat (7/2) lalu.

Jokowi juga menargetkan proses renovasi Masjid Istiqlal bisa rampung pada April 2020 atau tepat sebelum bulan Ramadhan. Diharapkan, masyarakat bisa menggunakan kawasan Masjid Istiqlal yang baru saja direnovasi pada Lebaran tahun ini. (WST/RS/republika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.