Home Berita Nasional Kemenag Naikkan Standar Nilai Kelulusan Calon Mahasiswa Al Azhar

Kemenag Naikkan Standar Nilai Kelulusan Calon Mahasiswa Al Azhar

577
0
SHARE
Kepala Seksi Kerja Sama Subdirektorat Kelembagaan dan Kerja Sama Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama Iwan Yusuf (kedua, kiri) dalam acara lokakarya di Hotel Sofyan, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/3/2019)

Wasathiyyah.com, Jakarta — Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) akan menerapkan kebijakan baru terkait standar nilai kelulusan (passing grade) bagi calon mahasiswa Indonesia yang akan melanjutkan ke Universitas Al Azhar, Mesir.

Kebijakan baru yang akan diterapkan Kementerian Agama yakni menaikkan standar nilai kelulusan dalam proses seleksi menjadi 80. Tahun sebelumnya batas nilai kelulusan sebesar 70.

“Tahun ini passing gradenya di kisaran angka 80, dengan harapan calon mahasiswa yang lulus seleksi mempunyai potensi bahasa (Arab) yang cukup baik,” kata Kepala Seksi Kerja Sama Subdirektorat Kelembagaan dan Kerja Sama Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Iwan Yusuf dalam acara lokakarya di Hotel Sofyan, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/3/2019).

Lokakarya tersebut digelar oleh Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) cabang Indonesia.

Iwan berdalih, pihaknya menaikkan standar kelulusan lantaran data yang diterima pada tahun 2018 lalu, yang peminatnya mencapai 1.800 orang setelah dites sama pihak Al-Azhar hanya satu orang yang lulus bahasa dan bisa langsung kuliah.

“Itu informasi yang kita terima dari KBRI. Untuk itu, tahun ini Kemenag mempunyai kebijakan mementingkan kualitas dari pada kuantitas,” ujar dia.

Lebih lanjut Iwan mengungkapkan, proses seleksi bagi calon mahasiswa Al Azhar akan diselenggarakan sekitar akhir April atau awal Mei 2019.

“Pengumuman proses seleksi akan dibuka dua minggu sebelum waktu pelaksanaan,” ucap Iwan.(WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.