Home Berita Nasional Aksi Solidaritas untuk Muslim India Digelar di Tasikmalaya

Aksi Solidaritas untuk Muslim India Digelar di Tasikmalaya

163
0
SHARE
(Foto:ACTnews)

Wasathiyyah.com, Tasikmalaya – Sejumlah massa aktifis dakwah Tasikmalaya menggelar aksi solidaritas untuk muslim India pada hari Minggu (01/03) lalu. Aksi dilakukan di di Kompleks Sarana Olahraga Dadaha Tasikmalaya.

Belum lama ini pecah kerusuhan bernuansa SARA di New Delhi yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa hingga 40 orang dan ratusan lainnya terluka, sebagian besarnya adalah muslim.

Kerusuhan ini berawal dari aksi demontrasi pada akhir Februari lalu, memprotes undang-undang kewarganegaraan baru (Citizenship Amendment Act / CAA) yang dinilai diskriminatif terhadap warga muslim. Aksi protes ini berubah menjadi bentrokan setelah sejumlah massa ekstrim Hindu menyerang pendemo.

Aksi solidaritas Peduli Muslim New Delhi di Tasikmalaya ini berupaya mengajak masyarakat untuk peduli dengan nasib saudara muslim di tempat lain khususnya India. Para relawan dalam aksi ini menggalang dana sebagai bentuk solidaritas untuk para korban di New Delhi.

“Berbicara kemanusiaan adalah berbicara masalah kita semua. Kita semua bersaudara, terlebih Muslim di mana pun adalah bersaudara. Maka dengan hadirnya kita untuk sesama, khususnya untuk Muslim India, sangat dibutuhkan,” ujarnya dikutip di laman resmi ACT, Kamis (5/3).

Aksi solidaritas ini juga diikuti oleh kalangan pelajar, seperti Firda Aulia, anggota IREMA SMKN 2. Ia menuturkan, “Setidaknya dengan aksi ini kita bisa meringankan kita saat ditanya oleh Allah terkait langkah apa yang sudah kita lakukan untuk membantu sesama Muslim. Harapannya ini juga bisa menjadi penggerak kepedulian masyarakat yang lainnya bahwa hak asasi manusia di manapun harus tetap berjalan.” (WST/RS/republika)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 + twenty =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.