Home Berita Nasional Yazid Fadilah, Tips Menghafal Quran 30 Juz dari Hafiz Asal Lampung

Yazid Fadilah, Tips Menghafal Quran 30 Juz dari Hafiz Asal Lampung

63
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Jakarta – Menghafal Quran, sejatinya mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, asal ada kesungguhan. Hal ini dibuktikan oleh seorang hafidz asal Lampung, Yazid Fadilah. Di usianya yang masih terbilang muda ini, ia berhasil menghafal Quran 30 juz.

“Alhamdululillah sudah hafal sampai 30 juz,” ujar Yazid di sela-sela acara Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadist (MHQH) 2020, di Hotel Balariung, Jakarta Pusat kemarin (5/2).

Mahasiswa jurusan syariah semester dua mengaku, mulai menghafal Quran ketika masih duduk di bangku kelas satu Sekolah Dasar (SD). Kala itu Yazid sudah menghafal surat-surat di juz 30.

“Waktu itu belum sampai 30 juz. Tapi baru hafal surat-surat yang ada di juz 30,” terang Yazid yang telah menjuarai lomba Tahfidz Quran pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional di Medan, Sumatera Utara pada 4-13 Oktober 2018 lalu, itu.

Kemudian untuk menghafal Quran hingga 30 juz, remaja asal Metro membutuhkan waktu selama enam tahun lamanya. Lebih tepatnya ketika sudah duduk di kelas enam SD, ia sudah mampu menghafal Quran sebanyak 30 juz.

Lebih lanjut, kata dia, bahwa salah satu yang membuatnya kesulitan adalah butuh waktu yang sangat panjang agar dapat konsentrasi menghafal Quran.

Namun ia memiliki cara tersendiri, yaitu memanfaatkan ketika memiliki waktu senggang.

Selain itu Yazid juga memiliki tips lainnya selain membacanya di waktu senggang, yakni tak lain supaya hafalan Qurannya tetap terjaga.

“Tentunya harus punya tekat sangat kuat, harus punya guru kalau menghafal sendiri susah, kalau ada gurunya kan enak bisa dibimbing dan dibenahi,” kata hafiz yang mendapat undangan dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Pusat untuk mengikuti seleksi lomba Tahfidz Quran tingkat internasional di Iran tersebut.

Selanjutnya, kata Yazid, menjaga salat fardhu dan selalu ingat kepada Allah juga bagian dari cara supaya ketika menghafal Quran itu kuat, mudah masuk ke dalam ingatan dan juga hati.

Perjuangan Yazid memang tidak mudah untuk menghafal Quran hingga 30 juz. Namun semua itu bukan tanpa alasan, ia sangat termotivasi ingin membuat bangga kedua orangtuanya dan tentu saja menghafal karena Allah SWT.

“Salah satunya agar bisa buat bangga orangtua,” katanya.

Yazid pun berpesan kepada semua umat Islam, khususnya anak-anak muda jangan sampai meninggalkan Quran. Ia menyarankan, supaya menyempatkan diri membaca Quran apapun kesibukannya.

“Jangan sampai tinggalkan Quran, selalu ada buat quran. Walaupun di kesibukan yang padat jangan sampai ngelupain,” pungkasnya. (WST/YNF/muslim.okezone.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.