Home Berita Nasional Kemenag Targetkan 8.200 Penceramah Bersertifikat

Kemenag Targetkan 8.200 Penceramah Bersertifikat

187
0
SHARE
Ilustrasi

Wasathiyyah.com, Jakarta — Menteri Agama Fachrul Razi menyebut program sertifikasi penceramah dilakukan untuk menangkal penyebaran radikalisme melalui ceramah-ceramah di masyarakat. Program itu akan dijalankan pada September ini dengan target awal 8.200 penceramah dari berbagai agama.

“Kami buat program penceramah bersertifikat mulai bulan ini. kami cetak 8.200 orang, semua agama, sukarela, ada gesekan, enggak setuju, enggak masalah kami lanjut,” kata Fachrul Razi saat webinar membahas strategi menangkal radikalisme pada ASN, Rabu (2/9/2020).

Ia mengatakan, sejumlah lembaga digandeng untuk memberikan pembekalan mengenai wawasan kebangsaan, Pancasila, dan hal-hal sensitif yang harus diperjuangkan.

“Kalau ini sudah jalan tolong tanpa diumumkan, tolong yang diundang nanti penceramah di rumah-rumah ibadah kita hanya mereka-mereka yang sdh dibekali jadi penceramah bersertifikat. Mudah-mudahan dengan itu ada sedikit upaya mengeliminasi (radikalisme),” pungkasnya.

Sementara Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, pelaksanaan program ini akan dilakukan secara kolaboratif bersama sejumlah lembaga. Kemenag berperan sebagai koordinator dan fasilitator.

“Program penceramah bersertifikat akan melibatkan banyak pihak, termasuk Lemhannas, BPIP, dan BNPT,” kata Kamaruddin di Jakarta, Kamis (3/9/2020).

Selain lembaga milik pemerintah, Kemenag juga akan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta ormas keagamaan lainnya.

“Program ini juga akan melibatkan MUI dan ormas Islam lainnya,” kata Kamaruddin.

Kamaruddin menjelaskan, ormas keagamaan juga akan diminta untuk memberikan masukan pemberi materi dalam program penceramaah bersertifikat itu.

“Inti program ini adalah penguatan wawasan kebangsaan dan pengarusutamaan pemahaman keagamaan rahmatan lil alamin,” kata Kamaruddin. (WST/YN/kumparan.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.