Home Berita Nasional Ormas-Ormas Islam Beri Himbauan Terkait Virus Corona di Indonesia

Ormas-Ormas Islam Beri Himbauan Terkait Virus Corona di Indonesia

125
0
SHARE
Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas.

Wasathiyyah.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (02/03) mengumumkan dua WNI yang positif Corona dan saat ini tengah menjalani isolasi RS di Sulianti Saroso, Jakarta.

Kemunculan kasus pertama Corona di Indonesia ini bersamaan dengan munculnya kasus pertama serupa di beberapa negara lain seperti Arab Saudi, Islandia, Dominika dan Ceko.

Ormas-ormas Islam menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar bijaksana menyikapi fenomena ini. PBNU menghimbau agar masyarakat tidak panik tetapi tetap menjaga kewaspadaan.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Marsudi Syuhud mengajak masyarakat untuk lebih disiplin menjaga kebersihan dan kesehatan karena itu adalah bagian dari tuntunan Islam.

“Jagalah kesehatan sebelum sakit. Sebagaimana diperintahkan menjaga waktu luang sebelum waktu sempit. Ketika sehat juga begitu, harus waspada menjaga (kesehatan) sesuai anjuran-anjuran dari Kementerian Kesehatan,” kata Kyai Marsudi.

Sedangkan Ketua Bidang Tarbiyah PP Persis, Irfan Safrudin, menghimbau masyarakat untuk mencari informasi yang valid terkait virus Corona, terutama bagaimana virus itu bisa menyebar dan bagaimana pencegahannya.

“Karena pengetahuan kita tentang virus Corona sangat terbatas dan sedikit, sebaiknya  mengakses informasi kepada sumber-sumber yang dapat dipercayai seperti dokter, rumah sakit, dinas kesehatab dan media yang terpercaya,” jelas dia kepada Republika, Senin (2/3).

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti mengajak masyarakat untuk tetap tenang, tidak panik dan menjaga kesehatan. Ia juga mengajak masyarakat untuk tidak menyaring informasi tentang Corona dan tidak berlebihan dalam menyebarkannya.

Selain itu, Abdul Mu’ti meminta pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan agar memberi pelayanan kesehatan semaksimal mungkin kepada masyarakat.

Ia juga meminta pemerintah untuk lebih antisipasi dalam menangani virus Corona ini terutama dari aspek bisnis, pariwisata dan kegiatan masyarakat. Ia menyarankan pemerintah lebih gencar memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Pernyataan pemerintah yang menyatakan Indonesia aman dari Corona berdampak pada kurangnya kewaspadaan dan berpotensi menimbulkan penyebaran virus korona sebagai wabah yang mengancam kesehatan,” pungkasnya.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengajak masyarakat untuk mengikuti himbauan Kementerian Kesehatan dan nasihat para dokter sehingga virus Corona tidak menyebar.

Anwar juga mengatakan, wabah Corona ini tentu adalah musibah. “Ini namanya musibah dan tuntunan agama Islam kepada orang yang ditimpa oleh musibah yaitu bersabar dan berusaha untuk bisa lebih mendekatkan diri lagi kepada Allah dan segera berobat (jika diketahui gejala-gejalanya),” tutur dia. (WST/RS/republika)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.