Home Berita Nasional Dirjen Bimas Islam dan Kedubes Saudi Gelar MHQH Ke-12

Dirjen Bimas Islam dan Kedubes Saudi Gelar MHQH Ke-12

170
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Jakarta – Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI bekerjasama dengan Kantor Atase Agama Kedutaan Besar Saudi Arabia di Jakarta menggelar kembali Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadist (MHQH) Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su’ud Rahimahullah Tingkat Nasional ke-12 kembali tahun ini.

Pembukaan MHQH 2020M/1441 H ini sudah dilakukan pada Senin (03/02) malam di di Hotel Balairung, Jakarta, oleh Duta Besar Arab Saudi Essam bin Abed Al-Thaqafi. Pembukaan ditandai dengan mendengarkan lagu kebangsaan Saudi Arabia dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh sengenap peserta. Hadir dalam pembukaan Imam dan Khatib Masjidil Haram serta Masjid Nabawi. para dewan hakim, jajaran Ditjen Bimas Islam dan para peserta.

Mewakili Menag Fachrul Razi, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin dalam kesempatan tersebut mengatakan, atas nama pemerintah Indonesia, menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada pemerintah Arab Saudi yang telah mensuport kegiatan MHQH. “Gelaran MHQH setiap tahunnya selalu mendapat sambutan yang luar biasa oleh masyarakat Indonesia,” kata Muhammadiyah Amin yang datang ke lokasi acara mengunakan kursi roda malam itu.

“Para peserta juga antusias mengikuti ajang tahunan MHQH. Ini membuktikan kerjasama Indonesia dengan Arab Saudi dalam program Hafalan Alquran dan Hadist terus membaik dari tahun ke tahun,” sambungnya.

Ajang bergengsi ini diikuti oleh 270 peserta, dimana 166 peserta putra dan 104 peserta putri. MHQH 2020M/1441 H akan berlangsung dari tanggal 3-6 Februari 2020. Ada empat kategori lomba hafalan Al-Qur’an, yaitu: 10 juz, 15 juz, 20 juz, dan 30 juz, serta satu kategori hafalan hadits yakni Kitab Umdatul Ahkam. Atase Agama Kedubes Saudi menyiapkan hadiah bagi para juara mulai SAR5.000 hingga SAR16.000.

Menurut Muhammadiyah Amin, helat MHQH merupakan upaya untuk mendorong dan mengembangkan minta genarasi muda di tanah air dalam hafalan Alquran dan Hadist. “Harapan kami gelaran ini tetap berlangsung selamanya dan kami yakin pemerintah kerajaan Arab Saudi akan berkenan,” ujarnya.

Pemenang MHQH tingkat Nasional akan mewakili Indonesia pada MHQH tingkat ASEAN dan Pasifik pada 9 – 12 Maret 2020. MHQH ASEAN dan Pasifik nanti akan diikuti 154 peserta dari 27 negara. Selain Indonesia,  peserta MHQH tingkat ASEAN dan Pasifik berasal dari Australia,  Azerbaijan,  Bosnia Brunei, Cambodia, Croatia, Thailand, Fiji Island, Hongkong,  Japan,  Khazakztan, Kirqistan, Malaysia, Myanmar,  New Zealand,  Papua New Guinea,  Philippines, Rusia, Singapura, South Korea, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Timor Leste, Tiongkok, Turkmenistan,  dan Usbekistan.

Khusus pemenang MHQH ASEAN dan Pasifik, Kedubes Saudi telah menyiapkan hadiah kepada para juara di tiap cabang lomba berkisar SAR7.500 hingga SAR24.000.

“Insya Allah MHQH ke 12 akan ditutup oleh Menag Fachrul Razi pada 6 Februari nanti,” tandasnya. (WST/RS/Kemenaggoid)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.