Home Berita Nasional Jumat Ini Abu Bakar Baasyir Bebas Murni

Jumat Ini Abu Bakar Baasyir Bebas Murni

208
0
SHARE
Abu Bakar Baasyir. (gambar:tribun)

Wasathiyyah.com, Bogor – Abu Bakar bin Abud Ba’asyir alias Abu Bakar Ba’asyir akan bebas pekan ini tepatnya hari Jumat, 8 Januari 2021.

Baasyir telah menjalani masa tahanan selama 15 tahun di di Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur, Bogor, atas tindak pidana terorisme.

Rika Aprianti, Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), mengatakan, “Yang bersangkutan akan dibebaskan pada 8 Januari 2021 sesuai dengan tanggal ekspirasi atau berakhirnya masa pidana.”

“Ini bebas murni, jadi surat bebasnya nanti di hari H, tidak pakai surat keputusan,” tambah dia.

Proses pembebasan Baasyir nanti, Ditjen PAS bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Densus 88 Antiteror. Rika juga menerangkan bahwa pihaknya berkoordinasi dengan keluarga ABB dan pihak-pihak terkait.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat menyatakan bahwa Baasyir telah menjalani vonis hukuman penjara 15 tahun dikurangi 55 bulan remisi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Imam Suyudi mengatakan pembebasan Baasyir itu telah sesuai prosedur.

“Beliau sudah menjalani pidana secara baik, dan mengikuti semua ketentuan dan prosedur, pelaksanaan pembinaan keamanan di lapas tingkat keamanan maksimum, LP Gunung Sindur, dan hari Jumat akan kami bebaskan,” kata Suyudi, di Bandung, Senin (4/1).

“Jadi tidak ada persyaratan khusus, kalau dia dibebaskan secara murni, kalau remisi itu hak, mereka tetap mendapatkan,” kata Imam.

Suyudi menambahkan bahwa setelah bebas, ABB tetap akan mendapatkan pengawasan oleh sejumlah pihak yang berwenang untuk keamanan dan ketertibannya. Suyudi juga meminta agar para santri dari pesantren Baasyir untuk tidak turut serta menjemput pada hari H pembebasannya untuk memenuhi protokol kesehatan Covid 19.

Suyudi meminta kepada siapa saja yang ingin menjemput Baasyir sebaiknya tetap berada di rumah. Densus 88 akan berkoordinasi dengan pihak keluarga untuk proses pembebasan ini.

Kabag Penum Div Humas Polri Kombes Polisi Ahmad Ramadhan menyatakan bahwa pihak Kepolisian akan terus memantau Baasyir setelah bebas. Ia menjelaskan bahwa pemantauan seperti itu sudah menjadi tugas kepolisian terhadap para narapidana yang sudah bebas, termasuk narapidana kasus terorisme.

Ahmad menambahkan bahwa pemantauan terhadap Baasyir adalah pemantauan biasa sebagaimana pemantauan yang dilakukan terhadap narapidana yang telah bebas pada umumnya. (WST/RS/REPUBLIKA)    

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 + 15 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.